Komunitas Replika PO Bus, Mirip Aslinya

Komunitas Replika PO Bus, Mirip Aslinya Denny/ Mobilkomersial

KabarOto.com - Beragam bentuk kendaraan dari perusahaan otobus (PO) yang berjajar rapi terlihat warna-warni ini bukan bus sungguhan, melainkan replika atau miniatur bus yang dibawa oleh para penggemar bus yang bernaung dalam wadah Indonesia AutoBus Replica Society atau disingkat dengan sebutan IARS.

Deretan miniatur yang beroperasi di beberapa wilayah Indonesia tersebut terparkir rapi dengan berbalut berbagai model bus. Seperti bus Tunggal Dara, Rosalia Indah, Raya, Gunung Harta, Budiman, Sudiro Tungga Jaya, Putera Mulya Sejahtera, Ramayana, Sinar Jaya, Garuda Mas, Safari Dharma Raya dan masih banyak yang lainnya.

Menariknya, bukan hanya bentuk luarnya saja yang mirip, jika melihat bagian interior replika yang dilengkapi lampu itu pun dibuat persis dengan bus aslinya. Jika dilihat dari komunitas IARS yang sedang asyik bermain-main dengan miniatur bus itu bukan hanya anak-anak remaja, ada juga orang-orang dewasa generasi 80-an dan 90-an.

Teguh Yulianto, salah satu Admin yang aktif di IARS saat ditemui di CFD Jakarta hari ini mengungkapkan bahwa, dirinya mengaku menyukai bus karena terkenang masa kecil kalau mudik ke Wonogiri menggunakan bus.

Baca Juga: Kenalan Dengan BisMania Community, Tempat Kumpulnya Para Pecinta Bus

"Jadi suka banget sama bus, dan akhirnya karena jarang naik bus lagi terkendala waktu dan cuti jadi mengalihkannya ke miniatur bus," ucap Teguh.

Menurutnya, IARS sendiri selalu mengadakan kegiatan rutin yang biasanya melakukan kopi darat alias kumpul-kumpul dalam rangka berbagi informasi.

"Kami biasanya kopdar untuk membahas mengenai proses pembuatan, model bus terkini dan sebagai ajang silaturahmi untuk menambah keakraban diantara para penyuka dan juga dengan pengrajin miniatur bus seperti di CFD ini," tukasnya.

Sekadar informasi, Indonesia AutoBus Replica Society adalah sebuat wadah yg terdiri dari sekumpulan penyuka, pengkoleksi miniatur bus dan pengrajinnya.

IARS sendiri berdiri sejak 11 November 2011 bertempat di Kota Bandung, Jawa Barat yang diprakarsai oleh Sunarya Hadi (Owner Segundo Automodel) dan Hardy (Owner Mini Transport).