Konsumsi Bahan Bakar Terasa Boros? Ini Penyebabnya

Acrul Affandy
Acrul Affandy 13 Oct 2016 - 02:40
Konsumsi Bahan Bakar Terasa Boros? Ini Penyebabnya
Kenali masalah penyebab konsumsi bahan bakar kendaraan boros. (Foto: Istimewa)

Borosnya bahan bakar pada mobil atau motor kita tentu membuat bertanya-tanya, apakah kendaraan ini memang boros atau ada yang salah dari kendaraan kita. Ada baiknya anda mengetahui apa yang membuat motor atau mobil anda menjadi boros bahan bakar.

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan hal tersebut. Kabaroto dan spekengine memberikan informasi penyebab borosnya bahan bakar pada mobil dan motor.

1. Cara Berkendara yang Kurang Baik
Yang menyebabkan borosnya bahan bakar itu karena mungkin anda menjalankan mesin kendaraan terlalu cepat atau ngebut. Selain itu terlalu cepat menarik gas dapat membuat bahan bakar menjadi boros, selalu menggunakan gigi rendah saat kendaraan berjalan juga membuat bbm menjadi boros. Maka disarankan untuk menggunakan gigi sesuai dengan kecepatan kendaraan.

2. Karburator
Karburator ini fungsinya sangat banyak dan pengaruhnya besar terhadap motor. Setelan karburator yang tidak benar, sperpart di dalam karburator sudah banyak yang mengalami kerusakan atau aus, dudukan pemancar longgar, pipa vakum yang mengalami kebocoran bisa menjadi penyebabnya. Selain itu saluran bensin dan saringan udara yang tersumbat oleh kotoran dan debu pada karburator juga bisa menjadi penyebabnya.

3. Masalah Pengapian
Yang membuat bahan bakar boros juga bisa disebabkan penyetelan alat pengapian tidak benar, kontak pemutus sudah mengalami kerusakan, kabel tekanan tinggi rusak atau bisa juga terbakar. Rumah distributor sudah tidak lagi sesuai dengan ukuran, Coil yang sudah mengalami kerusakan, Penyetelan pada torak elektroda busi tidak pas atau tepat, yang terakhir bisa saja penyebab kondensor yang mengalami kebocoran.

4. Masalah Pada kompresi
Cincin torak sudah lemah bisa menjadi factor penyebabnya. Torak motor sudah rusak, katup yang sudah mengalami kerusakan, perubahan bentuk silinder atau juga motoblok, katup tergantung, katup tidak tertutup secara sempurna, gasket atau pelapis kepala silinder mengalami kebocoran, dan juga busi terpasang longgar di dudukannya.

5. Chasis
Chasis pada motor atau mobil juga bisa menjadi penyebabnya, pelapis pesawat rom bergerak terlalu cepat, posisi roda depat tidak pas atau tepat, kondisi motor anda sudah banyak yang rusak, tekanan ban kendaraan anda rendah.

Baca Juga: