POPULAR STORIES

Kontes Audio ASC Sesi Final Di Jakarta, Peserta Luar Kota Ambil Bagian

Kontes Audio ASC Sesi Final di Jakarta, Peserta Luar Kota Ambil Bagian Foto: ASC

KabarOto.com - Kompetisi audio mobil ASC (Amoplus Sound Competition) kembali berlangsung, kali ini berlangsung di Jakarta sebagai sesi akhir/final. Dengan peserta bukan saja dari kota Jakarta, namun dari luar kota Jakarta seperti Bandung, Jawa Barat, pun ikut ambil bagian.

ASC sendiri pada tahun ini terdiri dari 4 seri yang berlangsung di kota besar, seperti Semarang, Bandung, Surabaya dan Jakarta dengan total peserta mencapai 300. Final ASC tahun 2023 ini, berlangsung di MGK Kemayoran, Jakarta Pusat, pada 9 Desember lalu.

Baca juga: Eibach Optimis Terhadap Pasar Indonesia, Siap Untuk Kendaraan Listrik

Juri Hebron Hartana (kanan) memberikan penjelasan saat penilaian kepada peserta

Final ASC 2023 ini dijurikan oleh para pakar audio mobil yang juga merangkap sebagai instalatur, mereka adalah Wahyu Tanuwidjaja, Hebron Hartana dan Ricky Sutanto. Mereka menjadi juru nilai bertugas di beberapa kelas Sound Quality (SQ) dengan porsi masing-masing juri menilai kisaran lima belas mobil dalam satu hari.

Untuk para pesertanya sendiri diikuti oleh para pemain baru yang juga merupakan pada entusiast car audio,dan itu merupakan indikasi positif bagi perkembangan car audio di Indonesia.

“Kami menjaga kualitas juri untuk membuat kompetisi ini lebih fair, objektif dan fun. Sehingga kami punya standar dimana 1 juri dalam menilai kontestan dimaksimalkan dalam satu hari hanya 15 peserta,” ungkap Gunawan Wibisono selaku PIC ASC 2023.

Tidak hanya kontes audio mobil, tetapi ada juga sesi foto dengan model wanita cantik medampingi sistem audio pada kendaraan

Para peserta sudah melakukan tunning audio, sesuai dengan kriteria penjuarian pada umumnya. Namun pada akhirnya hanya pemenang dengan kemampuan suara yang sesuai dengan metode penilaian para juri.

Salah satu juri yakni Wahyu Tanuwidjaja menjelaskan bahwa instalatur yang ikut ambil bagian sudah semakin kompetitif, sementara Hebron Hartana menilai jika peserta mengikuti kontes ini, dapat meningkatkan keahlian para instalatur setelah beberapa masukan teknis di dapat dari para juri.

“Kompetisi sekarang makin ketat, jadi persiapan-nya wajib lebih baik lagi bagi kontestan.Penting banget untuk ikut kontes agar bisa memperbaiki dan meningkatkan skill, jadi peserta tahu kelemahan mobilmua, jadi bisa improve lagi ke depannya," pungkas Ricky Sutanto.

Baca juga: HSR Wheel Tawarkan Lowering Sport Kit Nyaman Harian

JUara umum dan peraih predikat King ASC, mendapatkan hadiah sebesar 15 juta

Sebagai informasi, pada 2024 nanti kemungkinan ASC akan menambah kuota seri berikut nya di 6 kota pulau Jawa, dan 2 kota di luar pulau Jawa.

Total mencapai 8 kota besar yaitu Lampung, Banten, Bandung, Semarang, Jogja/Solo, Surabaya, Bali dan Final ASC 2024 di Jakarta.

Pemenang ASC 2023 di Jakarta:

Puresound Rp.40 Juta

1. Chistoper - Nissan Xtrail (Venom Auto Garage)

2. JWR - Mitsubishi Xpander (Cliport Audio)

3. Daniel - Honda Brio (DW Car Audio)

Puresound Rp.100 Juta

1. Filipus - Toyota Harrier (Venom Auto Garage)

2. Leo - Honda Jazz (SAS)

3. JWR - Mitsubishi Xpander (Cliport Audio)

Puresound Rp.150 Juta

1. JWR - Mitsubishi Xpander (Cliport Audio)

2. Filipus - Toyota Harrier (Venom Auto Garage)

3. Alfreed - Toyota Voxy (Mega Audio)

Puresound Rp.300 Juta

1. Filipus - Toyota Harrier (Venom Auto Garage)

2. JWR - Mitsubishi Xpander (Cliport Audio)

3. Rahpan - Honda Civic (Cliport Audio)

PureSound DSP Rp.60 Juta

1. Chistoper - Nissan Xtrail (Venom Auto Garage)

2. JWR - Mitsubishi Xpander (Cliport Audio)

PureSound DSP FFA 1

1. Papito - Toyota Innova (Linear Autosound)

2. Alfreed - Toyota Voxy (Mega Audio)

3. Edy - Honda Jazz (Musical Audiolabs)