POPULAR STORIES

Korea Selatan Kembangkan Layanan Women-only Taxi, Khusus Untuk Wanita Dan Anak-anak

Korea Selatan Kembangkan Layanan Women-only Taxi, Khusus untuk Wanita dan Anak-anak Foto: The Chosunilbo

KabarOto.com - Di berbagai daerah maupun Negara terbukti kaum hawa mendapatkan fasilitas yang lebih menjamin untuk keselamatannya, terutama dalam hal transportasi umum. Contohnya, di Indonesia disediakan gerbong khusus wanita di paling depan dan paling belakang rangkaian kereta rel listrik Commuter Line.

Nah, ada yang baru nih kalau di Seoul, Korea Selatan. Negara yang terkenal dengan boyband dan girlband-nya ini diperkirakan mulai pertengahan Febuari akan merilis Women-only taxi. Seperti namanya, taksi ini dibuat khusus untuk perempuan dan anak-anak saja.

Seperti yang dilansir dari The Korea Times dan The Chosunilbo, layanan Women-only taxi ini ditujukan untuk mengangkut penumpang wanita dengan aman dan mengatasi masalah pelecehan seksual dan serangan didalam taksi.

waygo

Taksi ini dirasa akan meningkatkan keselamatan pengguna taksi, karena pengemudi yang dipekerjakan juga seorang wanita. Untuk penumpangnya diperbolehkan juga untuk anak-anak, tapi ada batas umur yang diberikan. Anak-anak yang dapat menggunakan layanan ini maksimal berumur 13 tahun.

Pada 1 Febuari, Tago Solutions yang merupakan grup perusahaan transportasi umum taksi di Seoul memenangkan lisensi bisnis untuk menyediakan taksi jenis baru. Grup ini menjadi penyedia tunggal layanan taksi baru begitu pemerintah mengizinkan pengoperasian taksi jenis ini.

Baca Juga: Keren, Bus Listrik Volvo Disulap Jadi Perpustakaan Berjalan

"Pemerintah kota saat ini mengizinkan perusahaan taksi untuk memulai layanan baru jika mereka mengamankan lebih dari 4.000 taksi untuk menjalankan bisnis baru," kata pejabat kota Park Byung-sung kepada The Korea Times.

Nah perusahaan Tago ini punya dua layanan, pertama namanya Waygo Blue. Layanan ini mengharuskan taksi yang berada terdekat dengan dipanggilnya melalui dispatch app harus menjemput calon penumpang dimanapun berada dan dalam keadaan apapun.

waygo

Yang kedua, Waygo lady, layanan ini yang akan menjadi taksi khusus yang menangani calon penumpang wanita dan anak-anak. Untuk biaya, taksi ini akan sedikit lebih mahal daripada taksi reguler biasa. Penumpang harus membayar biaya perjalan sebesar 2,000-3,000 won, jika di rupiahkan sekitar Rp 30.000 - Rp 45.000.

Taksi ini akan berlaku selayaknya taksi online di Indonesia dan beberapa negara lainnya. Penumpang akan memanggil taksi melalui smartphone mereka. Fasilitas yang diberikan untuk penumpangnya juga tidak main-main loh.

Baca Juga: Cuma Sedikit Di Indonesia, Fiat 1100T Ambulance Modifikasi Nyentrik

Didalam taksi akan disediakan charger yang bisa digunakan penumpang untuk mengisi baterai smartphone mereka, kemudian penumpang juga diberikan botol air serta penyegar udara. Selama perjalanan juga akan diputar musik klasik yang menenangkan. Wah, keren banget ya!

"Kami berada di tengah-tengah dalam mencoba banyak layanan transportasi untuk memenuhi kebutuhan berbagai kelompok dalam masyarakat. Mulai dari layanan carpool yang diperkenalkan baru-baru ini, pemerintah kota berusaha untuk menyesuaikan layanan dan kebijakannya sesuai dengan tren sosial yang berubah," jelas pejabat kota Park.