Kota Bandung Kembali Berlakukan Ganjil Genap

Kota Bandung Kembali Berlakukan Ganjil Genap Ganjil genap diberlakukan akhir pekan ini di Kota bandung, Jawa Barat (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Bagi Anda yang berencana akan pergi ke Bandung, akhir pekan ini harap diperhatikan. Kota Kembang mulai Jum'at (17/09) akan kembali memberlakukan pembatasan kendaraan bermotor, dengan skema ganjil genap.

Aturan ini akan berlaku sampai Minggu (19/09). Ganjil genap, dibuat untuk mengurangi kerumuman di kota tersebut, yang berpotensi menyebarkan kembali Covid-19 yang saat ini angkanya sudah menurun.

Baca Juga: Mulai Akhir Pekan Ini Bandung Terapkan Ganjil Genap

Kepala Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi Dinas Perhubungan (PDKT) Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Asep Kuswara menjelaskan, aturan ini berlaku di lima gerbang tol yang ada di Kota Bandung.

Petugas Kepolisian Berjaga di titik ganjil genap (Foto: istimewa)

Kelima titik tersebut di antaranya, Gerbang Tol Buah Batu, Gerbang Tol Kopo, Gerbang Tol Mohammad Toha, Gerbang Tol Pasir Koja, dan Gerbang Tol Pasteur. "Ada ganjil genap di 5 gate tol. Tidak jadi untuk 3 jalan arteri," jelasnya, Kamis (16/09).

Ketentuan ganjil genap yang diberlakukan sama dengan pekan kemarin, petugas meminta kendaraan yang pelat nomornya tidak sesuai dengan tanggal, memutar balik. Jika ada satu kasus tertentu, pengendara bisa dikenakan tilang.

Beberapa kendaraan yang mendapat pengecualian adalah Dinas TNI/Polri, kendaraan diplomatik, pelat merah kendaraan dinas Pemerintah, kendaraan pengangkut barang, kendaraan umum dan ambulans.

Baca juga: Bandung Dan Surabaya Bakal Jadi Pilot Project Bus Listrik

Sebagai informasi, untuk menekan kerumunan, Pemkot Bandung rencananya akan menambah tiga titik ganjil-genap di Cibeureum, Ledeng dan Cibiru. Namun, setelah dilakukan peninjauan dan diskusi, rencana tersebut batal. Hanya lima titik saja yang dijalankan seperti pekan sebelumnya.