POPULAR STORIES

Bandung Dan Surabaya Bakal Jadi Pilot Project Bus Listrik

Bandung dan Surabaya Bakal Jadi Pilot Project Bus Listrik

KabarOto.com - Pemerintah Indonesia, saat ini terus mendorong penggunaan kendaraan listrik. Selain kendaraan pribadi, angkutan umum juga terus diarahkan untuk menggunakan bus ramah lingkungan. Salah satu program mendorong percepatan rencana tersebut adalah National E-Mobility Plan.

Program yang diartikan sebagai penggunaan bus listrik yang beroperasi di Tanah Air. Saat ini, pemerintah sedang melakukan penyusunan "road map" agar program tersebut bisa terlaksana. Risal Wasal, Direktur Sarana Transportasi Jalan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan, untuk tahap awal program, akan dimulai pada beberapa kota, di antaranya Bandung, Surabaya, dan Medan.

Baca Juga: Gratis! Transjakarta Mulai Ujicoba Bus Listrik

"E-Mobility rencananya dimulai tahun ini hingga 2030. Pilot project BTS (Buy The Service) listrik sebanyak 1 koridor 10 bus dilakukan di Bandung dan 2 koridor sebanyak 40 bus di Surabaya. Program Buy The Service pada tahun anggaran 2021," terang Risal.

BTS listrik ini akan dilakukan oleh Kemenhub, dengan membeli layanan (subsidi 100%) dari operator dengan standar pelayanan minimal yang disiapkan.

"Program BTS Kota Bandung merupakan embrio proyek BRT yang akan mulai kontruksi pada 2022 melalui pendanaan Bank Dunia," ungkap Risal.

Pada 2030 sampai 2040, pemerintah menargetkan peningkatan 10% sampai 50%. Sistem angkutan umum massal perkotaan di seluruh Indonesia pada tahun tersebut, 40% sudah berbasis listrik.

Baca Juga: Indonesia Siap Produksi Bus Listrik Berkapasitas 1.200 Unit

Tahun selanjutnya, 2040 sampai dengan 2045, transportasi umum yang beroperasi di Indonesi 100% sudah berbasis listrik. "Menurut rencana, tahun 2045 target implementasi sistem angkutan umum (listrik) merata di kota besar Indonesia.