POPULAR STORIES

Kotak Aman Rosalia Indah (KARI) Dan CCTV, Cegah Pencurian Di Kabin Bus

Kotak Aman Rosalia Indah (KARI) dan CCTV, Cegah Pencurian di Kabin Bus KARI diletakkan diantara pengemudi dan kernet. (Foto: Instagram/PO Rosalia Indah)

KabarOto.com - Untuk mencegah tindak kriminal di dalam bus seperti pencurian laptop dan tablet, atau barang berharga lainnya, Perusahaan Otobus (PO) Rosalia Indah kini menyiapkan kotak aman, berguna untuk menyimpan barang berharga penumpang selama perjalanan.

Fungsi Kotak Aman Rosalia Indah (KARI)

Berdasarkan video unggahan Instagram PO Rosalia Indah, tempat penyimpanan tersebut diberi nama Kotak Aman Rosalia Indah (KARI) yang berfungsi untuk menyimpan barang berharga yang dibawa oleh para penumpang.

Kotak Aman Rosalia Indah (dok/foto: Instagram PO Rosalia Indah)

Dalam pesan video tersebut, penumpang yang ingin menitipkan barang bawaannya, bisa berkoordinasi dengan kru bus yang bertugas. Penumpang juga dapat menitipkan barang bawaan berharga seperti laptop, tablet atau sejenisnya dengan aman, karena kotak tersebut berada di antara pengemudi dan kernet serta dikunci menggunakan gembok.

Baca juga: Pakai Bodi Skylander R22, PO Rosalia Indah Tambah 5 Bus Baru Edisi Terbatas

PO Rosalia Indah Dilengkapi CCTV untuk Tingkatkan Keamanan

Selain itu, PO Rosalia Indah juga memasang Close Circuit Television (CCTV) di dalam kabin, pemasangan ini dilakukan bertahap, di seluruh armada, baik kelas eksekutif maupun double decker.

Stiker himbauan bagi penumpang (dok/foto: Instagram PO Rosalia Indah)

PO Rosalia Indah Bagikan Imbauan dengan Stiker

PO Rosalia Indah juga menghimbau kepada para penumpang agar mengamankan barang bawaannya di kabin, melalui stiker yang telah di pasang di area mudah dilihat oleh para penumpang. Seperti di dekat pintu, kaca jendela bagian dalam dan area tangga untuk armada double decker.

Baca juga: 5 PO Bus Indonesia Ini Punya Trayek Terjauh, Sampai 3.000 KM

Stiker tersebut dipasang agar saat penumpang hendak turun dari bus, dapat melihat tulisan himbauan itu, sehingga pencurian di kabin dapat terhindarkan. Sebelumnya, cuitan salah satu penumpang bus PO Rosalia Indah sempat viral di salah satu media sosial, karena disaat perjalanan tas yang berisi tablet atau ipad hilang, dan diganti dengan buku tebal oleh pelaku pencurian.