KTM 890 Duke GP 2022, Terinspirasi Dari Grand Prix

KTM 890 Duke GP 2022, Terinspirasi dari Grand Prix Sumber Foto : KTM

KabarOto.com – Pabrikan motor asal Austria, KTM baru-baru ini meluncurkan varian baru dari line-up model naked mereka, yaitu KTM 890 Duke GP 2022.

Sebelumnya, awal Febuari lalu KTM merilis 890 Duke R 2022 yang memiliki spesifikasi nan gahar. Guna melengkapi varian dari motor berjulukan ‘The Super Scalpel’ ini, varian GP ini menghadirkan performa motor kompak dan seimbang untuk calon pembeli yang menyukai torsi besar.

Baca juga: KTM 890 Duke R Lansiran 2022, Lebih Gahar

Secara tampilan, mirip dengan varian 890 Duke R, namun kini menggunakan livery yang terinspirasi dari MotoGP dan pelek warna oranye KTM yang khas. Lalu, motor ini dilengkapi cover jok (single seater) yang menambah kesan agresifnya.

Walaupun memakai sasis yang sama, tetapi bicara soal performa motor ini menggunakan mesin yang berbeda yaitu LC8 2 silinder paralel twin yang mampu mengeluarkan tenaga 115 dk di 9.500 rpm dengan torsi 92 Nm di 7.000 rpm. Tenaga tersebut disambung ke transmisi manual 6 percepatan.

Baca juga: BMW M 1000 RR Hadir Di Indonesia, Harga Rp1,6 Miliar

Untuk mengimbangi performa buas, selain sasis bagian kaki-kaki diperkuat dengan WP APEX upside-down (USD) untuk depan dan belakang monoshock, yang diklaim asyik dibawa di jalan raya maupun sirkuit.

Bagian pelek 17 model multipalang ini disandingkan dual cakram 320 mm depan dengan kaliper empat piston, sedangkan belakang berkaliper piston tunggal. Rem ini sudah dibekali sistem Cornering ABS dan Supermoto ABS.

Di bagian elektronik, KTM 890 Duke GP ini dibekali satu paket canggih dan lengkap di kelasnya. Termasuk Cornering MTC bersensor sudut 6D yang mampu mendeteksi side-to-side dan forward-backward, dan drift.

Baca juga: Kawasaki ZX-10RR Dengan Livery Spesial Dilelang, Berminat?

Selain itu, ada beberapa pilihan mode berkendara yaitu Rain, Street, Sport, dan mode Track (opsional). Guna mengurangi tenaga yang buas, terdapat fitur traction control, anti-wheelie, dan throttle control yang dapat diubah sesuai selera. Fitur-fitur tersebut dapat diatur melalui instrumen kluster TFT full colour.

Jika menurut Sobat penampilannya kurang gahar, pabrikan asal Mattighofen itu menyediakan paket aksesori KTM Powerparts. Lalu, ada rangkaian KTM PowerWear yang dipilih untuk memastikan pengendara dapat memaksimalkan performa 890 Duke GP ini.

Sal harga, sayangnya pihak pabrikan belum menyinggung. Tetapi, motor ini akan dijual di Eropa mulai Maret 2022 mendatang.