POPULAR STORIES

KTM Resmi Perpanjang Kontrak MotoGP Hingga 2026

KTM Resmi Perpanjang Kontrak MotoGP Hingga 2026

KabarOto.com – Tim pabrikan asal Austria, KTM secara resmi mengumumkan perpanjangan kontrak dengan Dorna Sports hingga 5 tahun mendatang.

Kesepakatan antara KTM dan Dorna sebenarnya sudah tercapai saat MotoGP Austria di Red Bull Ring pada Agustus 2019. Namun, pengumuman resmi baru dilakukan pada Rabu (13/1). Sedikit sejarah, KTM memulai masuk ke balapan GP pada 2012 di kelas Moto3.

Baca Juga : Dakar 2021 – Stage 11: Sam Sunderland Unggul, Persaingan Ketat Antara Honda Dan KTM

Lima tahun kemudian, mereka melebarkan sayap ke Moto2 pada 2017. Pada tahun yang sama, KTM masuk ke kelas MotoGP dan hanya membutuhkan waktu 4 tahun mereka sukses membuahkan hasil kerja kerasnya.

Pol Espargaro meraih podium ketiga di MotoGP Valencia 2018

Selama musim 2020, tiga kemenangan diraih, berawal dari kemenangan Brad Binder di Brno, Miguel Oliveira yang berjaya merebut podium tertinggi di GP Styria dan Portimao. KTM juga meraih tiga pole position, Pol Espargaro dua kali dan Oliveira sekali.

“Saya senang mengumumkan kontrak lima tahun baru ini dengan Dorna. KTM ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Dorna secara khusus dan Carmelo Ezpeleta, serta seluruh timnya karena kami sudah menjalani empat tahun yang hebat bersama dan mereka adalah mitra yang sangat profesional,” ungkap Pit Beirer selaku Direktur Motorsport KTM.

Miguel Oliveira raih kemenangan pertama di MotoGp Styria 2020

Pada musim 2018, KTM meraih podium pertama di kelas utama berkat Pol Espargaro yang finis ke-3 saat balapan basah di GP Valencia. Berselang dua tahun, KTM sukses merebut kemenang lewat dua pembalap mereka yakni Binder dan Oliveira.

Baca Juga : Andrea Dovizioso Menyesal Tolak Tawaran Red Bull KTM

Brad Binder meraih kemenangan perdana di MotoGP Ceko 2020

Selain itu, di musim 2020 tim KTM berada di posisi ke-4 di klasemen konstruktor dengan torehan 200 poin. Selain MotoGP, KTM juga memiliki tim balap di kelas lain seperti, Reli, MXGP, Enduro, AMA Supercross dan Motocross. Dengan hasil tersebut, membuat Carmelo puas dengan pembaruan kontrak KTM selama 5 tahun ke depan.

“Kami sangat puas dengan pembaruan kontrak KTM karena mitra yang luar biasa, tetapi karena juga memilih platform FIM kejuaraan dunia MotoGP sebagai alat pemasaran yang mereka anggap ideal untuk produk mereka. Ini bukan hanya kabar baik untuk kejuaraan, namun juga untuk olahraga kami,” tutup Carmnelo Ezpeleta selaku CEO Dorna Sports.