POPULAR STORIES

Kualifikasi F1 Abu Dhabi 2020: Max Verstappen Akhirnya Start Terdepan

Kualifikasi F1 Abu Dhabi 2020: Max Verstappen Akhirnya Start Terdepan

KabarOto.com - Seri penutup F1 2020, di Abu Dhabi, Max Verstappen (Aston Martin Red Bull Racing) saat kualifikasi Sabtu malam, (12/12), berhasil torehkan waktu tercepat. Dirinya berhak meraih Pole Position, dan balapan Minggu malam akan start dari posisi terdepan.

Bagi Verstappen, start terdepan mejadi yang pertama di musim ini, terlepas dari dominasi dua pembalap Mercedes-AMG Petronas yakni Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas. Total, sepanjang karir di F1, merupakan raihan Pole Position ketiga.

Baca juga: Mercedes-AMG Petronas Pamerkan Livery Penutup Musim 2020



"Putaran yang sangat sempurna. Saya tak menduga bisa bersaing untuk Pole Position, tapi sangat puas, setidaknya bisa raih satu pada musim ini melihat dominasi Mercedes," ujar Verstappen yang bukukan waktu 1:35,246 detik.

Dirinya melihat terbayar atas kerja keras tim sepanjang musim dengan raihan Pole Positon, "Terutama untuk para mekanik dan semua orang di tim, hasil ini sebagai penyegaran."



Sementara itu, Christian Horner selaku bos tim Aston Martin Red Bull Racing mengungkapkan kegembiraan atas kejutan yang diberikan oleh Verstappen. "Dia begitu kuat musim ini dan selalu bisa diduga dirinya bisa diandalkan."

Horner melanjutkan bahwa Verstappen selalu mengerahkan apa yang dia bisa dan bisa memberikan kejutan, "Seperti yang dilakukan di kualifikasi kali ini. Jadi sangat penting kita menyesuaikan agar bisa raih hasil bagus di balapan nanti."



Yup, tak mudah bagi Verstappen di garis start pada Minggu malam ini (13/12), sebab dua pembalap Mercedes-AMG Petronas tepat berada di posisi dua dan tiga garis start. Bottas berada di posisi dua, sedangkan Hamilton pasca pemulihan terpapar Covid-19, berada di posisi 3.

Di atas kertas hasil kualifikasi, Bottas hanya terpaut 0,025 detik. Sedangkan Hamilton juga terpaut 0,086 detik dari Verstappen.



Ternyata Bottas memerhatikan setiap pergerakan tim Red Bull Racing, seperti memaksimalkan ban kompon lunak sejak latihan bebas pertama hari Sabtu, (FP3). "Red Bull sangat cepat, bisa maksimalkan kompon lunak, padahal kami alami kendala sepanjang pekan. Ketika lintasan menjadi dingin jelang akhir sesi, saya mulai understeer, sehingga sulit pertajam waktu."

Namun Bottas mengakui bahwa mobil sangat perkasa untuk penggunaan kompon Medium, terlihat dari data saat kualifikasi. Catatan waktu bisa konsisten, hal inilah yang membuat pengguna nomor 77 ini mempercayakan ketika start balapan nanti.



Adapun Hamilton yang kembali pasca isolasi mandiri akibat terpapar Covid-19 mengakui sangat sulit mengatur irama mengendarai mobil. Tapi sangat bersyukur bisa kembali bersama tim dan berharap menutup musim dengan hasil baik.

Baca juga: Mobil Kimi Raikkonen Terbakar Saat Sesi Latihan

"Sangat kecewa start dari posisi 3, tapi saya ucapkan selamat buat Verstappen, dirinya sangat luar biasa musim ini," singkat Hamilton.

Berkomentar soal lintasan, pembalap bernomor 44 ini mengakui sirkuit yang sulit untuk menyalip dan harus menerapkan strategi tepat. "Start dan lap awal akan sangat penting. Pasti ada kesempatan dan senang bisa kembali lagi."