Kurangi Polusi, Auto2000 Bersama Pertamina Adakan Program Uji Emisi Gratis Di Pulau Dewata

Kurangi Polusi, Auto2000 Bersama Pertamina Adakan Program Uji Emisi Gratis di Pulau Dewata Uji emisi di Auto2000 Bali (Auto2000)

KabarOto.com - Rasanya, pencemaran udara sudah menjadi isu global yang harus ditangani bersama-sama, termasuk di Indonesia.

Bila kita mengambil contoh kota Jakarta, Menurut data BMKG pada 18 Juli 2018, konsentrasi Particulate Matter 10 (PM10) di Jakarta sempat mencapai 171 µg/m3 pada pukul 8 pagi. Jumlah ini sudah melebih ambang batas konsentrasi polusi udara yang diperbolehkan di luar ruangan, yakni 150 µg/m3.

Untuk itu, banyak pihak yang akhirnya tergerak melakukan gerakan peduli lingkungan. Salah satu wujudnya adalah mengendalikan dan mencegah pencemaran udara serta perilaku sadar lingkungan baik dari sumber tidak bergerak (industri), maupun sumber bergerak yaitu kendaraan bermotor.

Mendukung pengurangan polusi udara juga dilakukan oleh Auto2000 wilayah Bali bekerjasama dengan Pertamina, dengan menghadirkan program uji emisi kendaraan Toyota secara gratis. Program gratis uji emisi kendaraan ini dapat dilakukan di seluruh cabang Auto2000 Bali.

Ilustrasi perbaikan kendaraan di Auto2000

"Kerjasama antara Auto2000 dengan Pertamina ini merupakan bukti keseriusan Auto2000 dalam menjaga lingkungan hidup dengan cara menekan pencemaran udara yang berasal dari kendaraan bermotor melalui uji emisi gratis di bengkel resmi Auto2000 wilayah Bali," ujar Royen Bonggal, Operation Manager Auto2000 wilayah Kalimantan dan Bali.

Dengan uji emisi, bisa diketahui seberapa baik gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan Toyota. Selanjutnya, pelanggan Auto2000 segera bisa melakukan langkah perbaikan pada kendaraannya, bila ternyata hasilnya melampaui batas maksimal yang ditetapkan.

Baca Juga: Generasi Terbaru Toyota Camry Resmi Mendarat Di Tanah Air

Apalagi selain mencemarkan lingkungan, emisi gas buanug di atas batas maksimal membuat mesin mobil jadi boros bensin, performa menurun, dan dalam jangka panjang berisiko merusak komponen mesin.

Menariknya, konsumen cukup memenuhi kriteria yaitu seb ribagai pengguna mobil Toyota dan membeli Pertamax atau Pertamina DEX senilai Rp 200 ribu serta mengikuti program Berkah Energi Pertamina, dengan mengunggah struk pembelian ke aplikasi MyPertamina.

Baca Juga: Toyota Optimis Sabet Gelar Juara Dakar 2019

Selanjutnya konsumen dapat langsung mengunjungi bengkel resmi Auto2000 yang berada di Pulau Dewata tersebut. Periode program dimulai dari 18 Desember 2018 hingga 31 Maret 2019.

"Kerjasama ini juga menjadi proyek percontohan yang ke depannya bisa diadopsi oleh cabang Auto2000 lainnya dalam rangka meningkatkan kesadaran pemilik mobil Toyota untuk menjaga keasrian lingkungan hidup dengan cara melakukan uji emisi gas buang secara rutin. Ini sejalan dengan konsep layanan baru kami yakni ‘Auto2000 Lebih’ dengan tagline ‘Urusan Toyota Lebih Mudah’,” jelas Royen.