POPULAR STORIES

Lady Bikers Kian Ramai, Simak Dahulu Tips Berkendara Agar Selamat Di Jalan

Lady Bikers Kian Ramai, Simak dahulu Tips Berkendara Agar Selamat di Jalan Lady Bikers Kian Ramai, Simak dahulu Tips Berkendara Agar Selamat di Jalan (YIMM)

KabarOto.com - Sepeda motor sudah menjadi moda transportasi semua kalangan baik pria maupun wanita. Dengan keseharian yang padat membutuhkan kendaraan yang mudah dikendarai seperti sepeda motor.

Pengendara sepeda motor pun secara umum perlu memahami beragam kondisi jalan dan cuaca sebelum berkendara, salah satunya mempersiapkan perlengkapan berkendara serta lebih waspada saat berkendara.

Untuk menambah wawasan terkait cara berkendara yang baik, Main Dealer Yamaha PT. Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) memberikan beberapa tips berkendara sepeda motor secara umum dan untuk kaum wanita.

1.Pastikan kondisi sepeda motor dalam keadaan baik sebelum digunakan

Dengan aktivitas yang padat, pengendara dapat melupakan kondisi motor saat akan berkendara. Padahal perlu melakukan pengecekan kondisi rem, ban, dan lampu-lampu sebelum berkendara, khususnya lampu depan, rem, belakang, sein atau hazard agar mudah terlihat oleh pengendara lain.

Hindari berkendara dengan ban yang sudah aus atau gundul karena sangat berbahaya, apalagi saat kondisi hujan jalanan menjadi lebih licin. Persiapkan juga perlengkapan riding di dalam bagasi, seperti jas hujan, jaket dan perlengkapan lainnya.

Baca Juga: Minat Touring Antar Benua Pakai Vespa Klasik? Ini Resepnya

2.Perhatikan kondisi tubuh sebelum berkendara

Sebelum berkendara pastikan kondisi tubuh dalam keadaan prima dan sehat. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena kondisi di perjalanan tidak bisa diperkirakan. Dengan kondisi tubuh yang sehat dan prima, pengendara siap berkendara di setiap kondisi perjalanan.

3.Perhitungkan waktu dan rute perjalanan

Sebelum melakukan perjalanan, akan lebih nyaman jika sudah memperhitungkan waktu dan rute untuk sampai ke tujuan. Dengan memahami rute yang dilalui, jadi bisa memperkirakan jalan yang akan dilewati, apakah jalannya rusak atau ada perbaikan. Memperhitungkan waktu juga perlu dilakukan agar tidak terburu-buru dalam perjalanan.

4.Gunakan dan siapkan kelengkapan berkendara sesuai standar

Gunakan safety gear seperti helm dengan visor, sepatu yang nyaman untuk perlindungan kaki, jaket, jas hujan dan sarung tangan. Jangan lupa untuk membawa dokumen berkendara seperti SIM & STNK.

5.Perhatikan kecepatan saat berkendara

Hal terpenting dalam berkendara adalah mengatur kecepatan. Jika masih pengendara pemula, hindari berkendara dalam sebuah kelompok (touring) sampai Anda benar-benar mahir dan merasa nyaman riding berkelompok.

Baca Juga: Syarat Urus Izin Touring Ke Luar Negeri, Apa Saja?

6. Perhatikan pakaian yang digunakan

Untuk wanita jangan gunakan sepatu hak tinggi seperti wedges, heels, dan sejenisnya. Penggunaan sepatu jenis tersebut akan memengaruhi keseimbangan dalam mengendarai motor di jalan raya. Hindari juga menggunakan rok yang dapat mempengaruhi rentang kaki saat berkendara. Gunakan pakaian yang nyaman untuk berkendara.

7. Bagi yang berambut panjang dan hijabers

Jika memiliki rambut panjang, pemotor wanita hendaknya mengikatnya terlebih dahulu. Karena rambut yang diurai dan tertiup angin dapat mengganggu pandangan ke depan. Bagi hijabers disarankan menggunakan jaket agar hijab tidak berkibar dan menutupi lampu belakang.