POPULAR STORIES

Lagi Bingung Cari Peredam Mobil? Tengok Nih Keunggulan Peredam Buatan Nitto

Lagi Bingung cari Peredam Mobil? Tengok Nih Keunggulan Peredam Buatan Nitto Peredam mobil Nitto (KO/Edo)

KabarOto.com - Banyak pemilik mobil yang mengeluh, karena mobilnya kurang nyaman saat digunakan, akibat suara bising dari luar kabin yang masuk kedalam. Apalagi ditambah suara deru ban mobil yang juga ikut masuk. Sehingga menyebabkan suasana di kabin mobil menjadi bising.

Bisa dibilang, menambah komponen peredam menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, agar dapat meningkatkan kenyamanan berkendara. Nah, kini ada produk peredam baru "Nitto" yang diimpor langsung oleh PT Audio Plus Indonesia.

Baca juga: Speaker Crescendo 3S2, Siap Hasilkan Suara Mantap Meski Dari Rekaman Berkualitas Rendah

"Kami perkenalkan 2 produk terbaru dari Nitto, yaitu Legetolex D-300N (peredam vibrasi) serta EPT-Sealer 686 (peredam suara serta panas)," ujar Andreas Tjahjadi Development Director, PT Audio Plus Indonesia.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Andre terebut mengatakan, bahwa dengan menggunakan paket peredam dari Nitto dapat mengurangi noise atau kebisingan di dalam kabin hingga 25 db. "Dapat mengurangi kebisingan secara signifikan, dengan pemasangan hingga 5 lapis. Namun pemasangannya bukan ditumpuk, melainkan per sisi panel," jelas Andre.

Alat pengukur berat dan tingkat kebisingan

Hal itu ia buktikan dengan melakukan pengujian menggunakan alat peraga, dari bahan kaleng. kaleng yang tidak diberi peredam, mengeluarkan suara bising saat mendapat getaran. Sebaliknya, kaleng yang diberi peredam Nitto mampu meredam suara dengan maksimal.

"Kelebihan lain dari produk Nitto ini, selain mampu meredam dengan maksimal, juga memiliki bobot yang ringan. Sehingga tidak membuat bobot mobil menjadi lebih berat, yang pada akhirnya mempengeruhi konsumsi bahan bakar," ungkap Andre kepada kabarOto, saat ditemui di bilangan Jakarta Pusat, Kamis (05/04/2019).

Terdiri dari beberapa jenis material peredam

Selain itu, pria ramah tersebut mengklaim bahwa produk peredam Nitto aman digunakan, karena tidak menggunakan bahan yang berbahaya bagi kesehatan. "Sering kita temui, mobil menjadi bau bahan kimia seperti lem, saat mobil baru dipasang peredam, namun hal itu tidak kita temui di produk Nitto," ucapnya.

Baca juga: Crescendo Luncurkan Speaker Evolution W1S3 White Edition Yang Siap Hasilkan Suara Jernih

Menariknya, peredam ini dapat dipasang diseluruh jenis dan merek mobil. "Masing-masing bagian mobil menggunakan material yang berbeda-beda. Misalnya, untuk plafon menggunakan peredam yang berbahan sejenis busa, lalu untuk pintu menggunakan yang ada bahan metalnya," kata Andre.

Contoh pemasangan di pintu

Untuk harga, Audio Plus mematok banderol mulai dari Rp 10 hingga Rp 20 juta. "Peredam ini bersifat permanen, jadi ibaratnya sekali pasang untuk dipakai selamanya," pungkas Andre.

Untuk informasi, Nitto Denko sendiri adalah perusahaan dari Jepang yang telah berdiri lebih dari 100 tahun dan memiliki lebih dari 70,000 varian produk di berbagai bidang industri.

Di Indonesia, Nitto sudah ada sejak 20 tahun lalu, untuk memasok berbagai kebutuhan industri otomotif Tanah Air. Di tahun ini, PT Nitto Material Indonesia lalu mengembangkan pasar bekerjasama dengan PT. Audio Plus Indonesia sebagai partner distributor produk aftermarket peredam suara.