POPULAR STORIES

Lane Keeping Assist, Begini Penjelasannya

Lane Keeping Assist, Begini Penjelasannya LKA, Peugeot

KabarOto.com - Mayoritas mobil premium terbaru dilengkapi dengan fitur keselamatan aktif. Salah satunya Lane Keep Assist yang berfungsi untuk menjaga mobil melaju tetap pada lajurnya.

Fitur ini aktif jika garis jalan terlihat dengan jelas, baik itu garis putus-putus atau pun garis tanpa putus. “Lebih ideal di jalur yang marka jalannya jelas, karena Lane Keep Assist bekerja dengan bantuan kamera yang terpasang. Fitur akan aktif Jika mobil sudah berjalan beberapa detik dan kecepatan diatas 65 hingga 180 kpj,” terang Samsudin selaku Aftersales Support Astra Peugeot.

Bila mobil yang dikendarai secara tidak sadar dan mendekati garis jalan dikarenakan pengemudi tidak fokus atau mengalami kelelahan, sensor akan mengirim sinyal ke ECU Electric Steering System untuk memerintahkan motor mengoreksi setir. Pada saat bersamaan akan muncul peringatan pada panel instrumen jika pengemudi memilih tampilan “Driving” pada menu.

Baca juga: Simak 5 Tips Jitu Ketika Negosiasi Dengan Penjual Mobil

Untuk memastikan fitur Lane Keep Assist aktif, pada Instrument Cluster akan muncul dua gambar garis hijau menandakan fitur telah aktif. Seandainya mobil keluar lajur, salah satu garis tadi akan berubah warna, menguning. Tampilan ini tentunya ditentukan jika pengemudi memilih menu Driving yang terdapat di instrument cluster.

“Fitur ini hanya mencegah kendaraan keluar jalur tanpa disadari oleh pengemudi. Faktor utama dalam mengemudikan kendaraan adalah kosentrasi pengemudi. Apabila sistem bekerja selama tiga kali mengoreksi laju, akan muncul peringatan yang memerintahkan pengemudi untuk beristirahat dahulu,” ujar Samsudin.

Baca juga: DFSK Beri 5 Tips Kembalikan Performa Maran

Lane Keep Assist tidak akan berfungsi jika pengemudi masih dalam konsentrasi penuh seperti menyalakan lampu tanda belok saat akan berpindah jalur dan menggerakkan setir ke arah berlawanan saat kendaraan keluar jalur walaupun tombol fitur ini diaktifkan.

Fitur keselamatan ini dapat dinonaktifkan. Kondisi ini mengakomodasi pengendara yang ingin leluasa bermanuver. Sehingga mobil dapat berpindah jalur secara leluasa.

Lane Keep Assist sendiri dapat dinonaktifkan cukup dengan menekan tombol bergambar mobil yang terdapat garis di tiap sisinya. Dengan begitu, fitur ini secara otomatis menjadi tidak aktif.