POPULAR STORIES

Larang Masyarakat Mudik, Polri Dan Kemenhub Akan Melakukan Penyekatan

Larang Masyarakat Mudik, Polri dan Kemenhub akan Melakukan Penyekatan Penyekatan mudik yang dilakukan Polri tahun 2020

KabarOto.com - Pemerintah melarang mudik masyarakat, pada libur Lebaran 2021 mendatang. Dalam rangka menyiapkan implementasi dan pengendalian transportasi terkait larangan mudik tahun 2021, Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumadi bersama Kakorlantas Polri Irjen Pol. Drs Istiono, M.H, serta Dirjen Hubdat Budi Setiyadi, melangsungkan rapat koordinasi.

Lalu apa saja yang dibahas? Budi Karya menjelaskan, pihaknya bersama Polri melakukan koordinasi tentang bagaimana tindak lanjut dari sektor perhubungan, agar di satu sisi bisa melakukan law enforcement secara tegas. "Tapi harus ada unsur humanis juga," papar Budi Karya, Jum’at (2/4/2021).

Baca juga: Pemerintah Larang Masyarakat Mudik Lebaran Tahun Ini

Konsep yang akan dibuat nantinya, untuk larangan mudik ini akan dilakukan penyekatan, sudah ada koordinasi antar Provinsi. “Insya Allah apa yang dilakukan itu tetap tegas, tetapi humanis,” terang Menhub.

Kakorlantas Polri mengatakan, data menunjukkan bahwa setiap libur panjang itu kerap terjadi peningkatan penularan Covid-19 yang cukup signifikan. Oleh karena itu, menurutnya tidak ada kata lain, harus diantisipasi dengan melarang mudik, dan persiapannya harus dilakukan maksimal.

Baca Juga: Reaksi Pengusaha Bus AKAP Usai Pelarangan Mudik

“Koordinasi dibangun, menyamakan persepsi di lapangan. Tentunya kita berangkat dari keamanan, kesehatan, dan keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi,” jelas Kakorlantas.