POPULAR STORIES

GWM Kembangkan Mesin Motor 8 Silinder

GWM Kembangkan Mesin Motor 8 Silinder GWM kembangkan mesin 8 silinder (Bikesrepublic)

KabarOto.com - Meski beberapa pabrikan otomotif saat ini lebih fokus mengembangkan teknologi untuk motor listrik, hal berbeda dilakukan GWM. Melawan tren yang ada, perusahaan Tingkok tersebut, telah merilis prototipe mesin motor 8 silinder baru.

Seperti dilansir Bikesrepublic, GMW menegaskan bila mesin yang tengah dikembangkan akan menjadi sumber tenaga bagi sepeda motor perseroan di masa depan. Pernah tampil di Beijing Auto Show 2024, gambar paten desain mesin sepeda motor telah muncul secara online.

Baca Juga : SGMW Optimis Hong Guang Bakal Mudah Diterima Pasar Otomotif Indonesia

Terus melakukan pengembangan, mesin tersebut akan didesain oleh tim engineering GWM dengan menggunakan bentuk Flat-Eight atau susunan piston horizontal.

Meski mirip dengan mesin flat-six milik Honda Gold Wing, perbedaan jantung pacu yang dikembangkan GWM terletak pada dua set piston tambahan dan kapasitas 2.000 cc. Hal ini membuat mesin memiliki kapasitas lebih banyak, dibandingkan mesin Gold Wing yang digunakan saat ini atau berkapasitas 1.833 cc.

Secara keseluruhan, mesin baru GWM menggunakan teknologi dan arsitektur yang sangat mirip dengan mesin Gold Wing. Selain itu, desain transmisi dual-clutch berkemampuan semi otomatis dipasang pada mesin, sehingga cara kerjanya mirip dengan sistem DCT milik Honda.

Baca Juga : Tips Touring Motor Akhir Pekan Supaya Nyaman Hingga Pulang

Dengan dipamerkannya mesin sepeda motor 8 silinder GWM, terdapat petunjuk penting mengenai produk pertama yang akan menggunakan jantung pacu tersebut. Merupakan hadiah dari CEO GWM, kabarnya mesin akan disematkan pada motor touring berukuran besar.

Meski volume pasti silinder tersebut belum diketahui, mesin baru GWM dikabarkan akan berkapasitas kurang dari 2.500 cc. Berarti Triumph Rocket 3 akan tetap menjadi sepeda motor produksi secara massal yang memiliki mesin terbesar saat ini.