POPULAR STORIES

Lebih Dari 3 Ribu Personel Dilibatkan Dalam Operasi Zebra Jaya 2022

Lebih dari 3 Ribu Personel Dilibatkan dalam Operasi Zebra Jaya 2022 Kakorlantas Polri, Irjen Firman Santyabudi saat memberikan keterangan pers usai apel gelar pasukan Operasi Zebra Jaya (Korlantas)

KabarOto.com - Kakorlantas Polri, Irjen Firman Santyabudi memimpin apel gelar pasukan Operasi Zebra Jaya 2022 di Lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya, Senin (3/10).

Operasi Zebra Jaya 2022 digelar 3 hingga 16 Oktober 2022 dan akan melibatkan 3.070 personel terdiri dari 1.381 personel satgasda dan 1.689 satgasres.

Baca Juga: Cara Astra Honda Motor Sukseskan Indonesia Sebagai Tuan Rumah G20

Dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Jaya Tahun 2022 di hadiri oleh Wakapolda Metro Jaya, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Kasdam Jaya, Kasgartap I / jakarta, Danpom TNI AL dan AD, Dirut PT. Jasa Raharja, Dirut PT. Jasa Marga, PJU, Polda Metro Jaya dan Kapolres Jajaran.

Dalam sambutannya, Kakorlantas Polri menyampaikan bahwa cerminan dari kemajuan budaya suatu bangsa dapat dilihat dari berlalu lintasnya.

"Mulai tertibnya berkendara, taat membayar pajak, serta disiplin berkendara dalam berlalu lintas," ujar Irjen Firman Santyabudi.

Apel gelar pasukan Operasi Zebra 2022 di lapangan Ditlantas Polda Metro Jaya, Senin (3/10) (Korlantas)

Ia menegaskan, kemacetan dan kecelakaan menjadi sebuah permasalahan utama dalam berlalu lintas, apalagi jika sampai merenggut nyawa seseorang.

Salah satu dari penyebab utama kecelakaan berlalu lintas adalah karena rendahnya kesadaran dalam berlalu lintas.Terutama pada kasus pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh pengemudi (Human Error).

Tercatat jumlah kecelakaan lalu lintas tahun 2022 sampai dengan bulan agustus sebanyak 6.707 kasus dengan korban meninggal dunia sebanyak 452 orang, luka berat 972 orang dan luka ringan 6.704 orang. Sementara, kerugian materil mencapai Rp 13.451.150.000.

"Tentunya hal ini perlu kita cermati bersama dalam rangka evaluasi untuk mengurangi angka kecelakaan tersebut. Kunci utama yang harus dilakukan adalah dengan meningkatkan kesadaran berlalu lintas yang baik di masyarakat," jelas Irjen Firman Santyabudi.

Baca Juga: Lexus UX-300e Dipilih Sebagai Kendaraan Pendukung Delegasi KTT G20

Kakorlantas Polri memberikan tiga penekanan kepada anggota yang terlibat dalam operasi zebra jaya 2022.

Pertama, anggota Polri harus melaksanakan tugas ini secara persuasif, humanis, dan simpatik dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab.

Kedua, jaga keselamatan diri pribadi dalam melaksanakan tugas, tetap waspada dan terapkan buddy system. Ketiga, berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sebagai ladang amal ibadah dan bentuk ikhtiar.