POPULAR STORIES

Lebih Dari 800 Mobil Listrik Siap Wira-Wiri Di Bali Saat KTT G20, Ada Apa Saja?

Lebih dari 800 Mobil Listrik Siap Wira-Wiri di Bali Saat KTT G20, Ada Apa Saja? Lexus UX 300e untuk KTT G20 (Foto: Humas Kemensetneg)

KabarOto.com - Komitmen pemerintah dalam mewujudkan green energy saat gelaran KTT G20 di Bali, 15-16 November 2022 mendatang diwujudkan dengan menyiapkan kendaraan listrik. Kendaraan listrik itu disiapkan bagi para Pemimpin, delegasi resmi, maupun jurnalis, untuk berkegiatan di kawasan Nusa Dua.

“Saya punya catatan, ada 836 unit mobil listrik bagi VVIP dan delegasi, yang didukung oleh Hyundai, Toyota, dan Wuling,” ujar Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Sesmen Kemensetneg), Setya Utama dikutip dari laman Youtube Kemensetneg.

Baca juga: 300 Wuling Air Ev Bakal Ramaikan KTT G20

Sebagai penunjang mobilitas lainnya di kawasan Nusa Dua, disiapkan shuttle berupa bus listrik, yang pengoperasiannya diatur oleh Kementerian Perhubungan.

Penggunaan kendaraan non listrik di kawasan Nusa Dua masih diijinkan dengan pengaturan yang ketat, dan akan semakin terbatas pada tanggal 15-16 November nanti.

“Penggunaan kendaraan non listrik masih dimungkinkan, mengingat masih terbatasnya ketersediaan kendaraan listrik saat ini," jelas Setya Utama.

Ratusan kendaraan listrik untuk keperluan KTT G20 sendiri telah tiba di Pulau Bali. Catatan KabarOto, Hyundai menerjunkan 393 mobil ramah lingkungan.

Wuling Air ev touring Jakarta-Bali (Foto: Wuling Motors)

Ratusan mobil itu terdiri dari 44 unit Genesis Electrified G80 Special Edition Long-Wheelbase yang diproduksi secara eksklusif di Korea untuk G20 dan ditandai dengan logo G20 pada pilar.

Kemudian, 87 unit Genesis Electrified G80 Regular Model Standard-Wheelbase, serta 262 unit Hyundai Ioniq 5 yang diproduksi di Indonesia dan akan menjadi kendaraan resmi delegasi G20 Summit.

Sementara, Toyota dan Lexus juga ikut berpartisipasi dengan menerjunkan 143 mobil listrik. Mobil-mobil itu terdiri dari 41 unit Toyota bZ4x dan Lexus 300e sebanyak 102 unit.

Baca juga: Test Drive Wuling Air Ev, Mobil Listrik Easy To Use

Tak mau ketinggalan, pabrikan asal Tiongkok, Wuling juga ambil bagian dalam KTT G20. Wuling Indonesia menyerahkan 300 unit mobil listrik Wuling Air ev untuk dijadikan kendaraan operasional KTT G20 di Bali.

300 unit Wuling Air ev untuk keperluan KTT G20 itu terdiri dari 216 unit varian Long Range dan 84 unit Standard Range.