LED Aftermarket: Banyak Ragam Sesuai Keinginan

Kipli
Kipli 01 Mar 2018 - 15:00
LED Aftermarket: Banyak Ragam Sesuai Keinginan



KabarOto.com - Meski sama-sama menganut teknologi sistem penerangan zaman modern seperti halnya HID, namun LED lebih efisien dalam hal konsumsi listrik, karena terbuat dari plastik mika dan dioda semi-konduktor yang dapat menyala jika dialiri tegangan listrik rendah (sekitar 1.5 Volt DC).

Aplikasinya pada kendaraan pun sangat bervariatif karena bentuk LED yang tidak memakan tempat terlalu banyak seperti jenis lampu lain, untuk penerangan pada plafon mobil, spidometer, lampu sign, stop lamp, hingga lampu utama.

Nah, yang umum digunakan adalah jenis T10 dan T20. “T10 dengan ukuran standar untuk semua mobil dengan lebar soket 10 mm atau 1 cm. Cuma biasanya T10 sering digunakan sebagai lampu sign sama lampu senja, tapi bisa juga untuk lampu indikator panel dasbor dan lampu pelat nomor. Pilihannya juga beragam ada 1 mata, 3 mata, 5 mata, 9 mata, 12 mata, 18 mata, hingga 21 mata,” terang Qobul, pemilik Lutfi Audio yang berlokasi di pusat perbelanjaan Slipi Jaya, gedung parkir lantai 3, Jakbar.

Baca Juga : Tips Merawat LED Kendaraan

Pria yang juga installer sekaligus menjual macam-macam produk audio mobil ini juga bilang kalau biasanya, mobil Eropa menggunakan lampu LED jenis T20 berukuran 20 mm atau 2 cm.

“Enaknya pakai lampu LED lebih hemat energi dari HID, bahkan halogen yang butuh daya lebih besar. Lampu pun enggak panas kayak halogen dan rata-rata tahan hingga 3.000 jam masa pakai. Kalau mati pun bisa diganti di LED yang putus saja, jadi irit biaya,” ujar pria yang nama tokonya terinspirasi dari nama anaknya ini.

Soal harga, Qobul mematok dari Rp 22 – 50 ribu untuk ragam LED yang ia jual.

Editor : rio