POPULAR STORIES

Tips Merawat Lampu LED Kendaraan

Tips Merawat Lampu LED Kendaraan lampu LED mobil (foto: ist)

Bro and sis yang ingin mengganti lampu utama/headlight kendaraan bisa memilih jenis lampu berteknologi Light Emiting Dioda (LED) dari beberapa merk terkenal. Biasanya harga lampu LED lebih murah dibandingkan lampu bawaan standarnya atau lampu HID. Nyala lampu LED juga lebih terang namun cahaya yang dihasilkan tidak menyilaukan seperti lampu HID. Konsumsi daya listriknya hanya 50% lebih hemat dari bolam standar. Pemasangan lampu LED jauh lebih mudah dibandingkan memasang lampu HID.

Selain memiliki beberapa keunggulan, lampu LED juga minim perawatan. Seperti lampu biasa, lampu LED tidak perlu perawatan khusus dan tinggal pakai saja. Jika dirawat dengan baik selama arus listrik terjaga lampu LED belum tentu putus.

Namun jika lampu LED sudah terlanjur putus atau rusak, Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno menyarankan untuk diganti secara keseluruhan. "Kalau rusak maka lampu harus diganti keseluruhan atau satu paket," katanya.

Selain itu, pemilik kendaraan ataupun mekanik tak boleh sembarangan mengutak-atik kelistrikan pada kendaraan dengan lampu LED. Apalagi menambahkan saklar yang bisa menonaktifkan lampu kendaraan sehingga bisa putus karena arus yang masuk menjadi berlebihan.

Baca juga: