POPULAR STORIES

Liberty Media Segera Beli MotoGP, Angka Akusisi Mencapai Rp 68 Triliun

Liberty Media Segera Beli MotoGP, Angka Akusisi Mencapai Rp 68 Triliun Ilustrasi balapan MotoGP 2024 (Foto: 37_pedroacosta)

KabarOto.com - Pemilik F1 Liberty Media segera mengumumkan perusahaan induk MotoGP dalam waktu dekat. Kabarnya, kesepakatan ini bernilai Rp 68 triliun.

Untuk menyelesaikan kesepakatan ini Kepala Eksekutif Liberty Media Greg Maffei diperkirakan akan mengumumkan kesepakatan yang akan diumumkan pada awal pekan ini saat kunjungannya ke Madrid, Spanyol, Senin (1/4/2024).

Menurut laporan Sky News, jika ini terjadi maka dipastikan Liberty Media akan memegang dua kejuaraan balap paling bergengsi di dunia balap motor dan mobil.

Balapan F1

Liberty Media Unggul dalam Pembelian F1 di Tengah Persaingan Ketat

Sementara itu, The Financial Times mengungkapkan Liberty Media dikabarkan berhasil mengalahkan beberapa perusahaan seperti TKO, perusahaan pemilik UFC dan WWE, dan Qatar Sports Investments, pemilik klub sepak bola Paris-Saint Germain, serta Bridgepoint, perusahaan ekuitas swasta yang terlibat di MotoGP

Baca Juga: Raih Podium Pertama, Pedro Acosta Tampil Menggila di MotoGP Portugal 2024

Meskipun begitu, proses pembelian ini akan menghadapi pengawasan regulasi. Sebab, sebelumnya F1 dan MotoGP pernah dimiliki oleh satu perusahaan, yakni CVC Capital Partners yang merupakan perusahaan ekuitas swasta.

Pada saat itu, CVC Capital Partners terpaksa menjual MotoGP ketika membeli F1 karena peraturan Uni Eropa.

Sebagai informasi, Liberty Media mengambil alih F1 di tahun 2017 dan berhasil mengembangkan balapan jet darat ini ke penjuru dunia. Tercatat, F1 sudah digelar di Las Vegas, Miami, Jeddah dan Doha.

Baca Juga: Marc Marquez Dan Francesco Bagnaia Terlibat Insiden di MotoGP Portugal 2024

Financial Times melaporkan bahwa pendapatan Liberty Media pada 2023 sebesar 3,2 miliar dollar atau setara 50,8 triliun. Sedangkan laba operasional sebesar 392 juta dollar AS, meningkat 64 persen dari tahun 2022.