POPULAR STORIES

Libur Nataru Ke Jawa Tengah? Ini Tiga Titik Rawan Macetnya

Libur Nataru ke Jawa Tengah? Ini Tiga Titik Rawan Macetnya Foto: Tribata

KabarOto.com - Menuju libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 pasti banyak dari Sobat KabarOto yang sudah memiliki rencana berlibur. Polri dan jajarannya juga sudah melakukan berbagai tindakan untuk menciptakan hari libur yang menyenangkan untuk masyarakat, terutama perihal sarana prasarana lalu lintas.

Polres Sukoharjo bahkan sudah memetakan jalur rawan macet di wilayah Kabupaten Sukoharjo jelang libur Nataru. Sobat KabarOto yang akan melintasi jawa bagian tengah perlu waspada di simpang tiga Tugu Kartasura, Bundaran Patung Pandawa Solo Baru kecamatan Grogol, dan simpang lima dalam kota Kabupaten Sukoharjo.

Baca Juga: Libur Nataru, Toyota Siapkan 309 Titik Siaga

Tidak hanya memetakan lalu lintas yang rawan macet, Kasatlantas Polres Sukoharjo AKP Marwanto menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas. Hal ini dilakukan agar ketika kepadatan kendaraan terjadi, pengendara dapat diarahkan ke jalur alternatif.

"Titik-titik padat kendaraan sudah kami tandai. Seperti di Simpang Tugu Kartasura, di situ simpul pertemuan arus dari jalur selatan, utara, barat, dan timur," jelas AKP Marwanto.

Potensi kemacetan lainnya disumbang dari tol Ngasem yang menjadi akses keluar-masuk roda empat, baik dari arah Solo, Yogyakarta, maupun Semarang. Antisipasi juga sudah disiapkan baik dari maupun ke kota tersebut.

Sementara rawan macet di Solo Baru, Grogol, disebabkan jalur tersebut merupakan penghubung utama dari Solo menuju Sukoharjo, Wonogiri, dan Jawa Timur.

Baca Juga: Wah, Libur Nataru Jadi Seru Rest Area Tol Trans Jawa Dipenuhi Jajanan UMKM

Sebab itu, Polres Sukoharjo sudah menyiapkan tiga pos pengamanan (pospam) yang berada di Polsek Kartasura, Simpang Lima Pandawa, dan Simpang Lima Sukoharjo Kota. Pospam akan difungsikan selama 12-14 hari atau hingga berakhirnya libur Nataru.

"Pendataan titik pesta kembang api juga kita lakukan. Harapannya masyarakat memahami situasi ini," tutup Kasat Lantas.