POPULAR STORIES

Liburan Pakai Mobil Pribadi? Jangan Lupa Bawa Barang-barang Ini

Liburan Pakai Mobil Pribadi? Jangan Lupa Bawa Barang-barang Ini Dok : KabarOto.com

KabarOto.com - Liburan Natal dan Tahun Baru akan tiba, perlu persiapan saat ingin berlibur menggunakan mobil pribadi. Selain membawa kebutuhan seperti baju, alat mandi, dan lainnya, beberapa barang juga harus dipersiapkan di dalam mobil.

"Perkakas standar bawaan mobil itu wajib ada, tambahan lain yang juga cukup penting dibawa seperti halnya water coolant, oli mesin, dan minyak rem. Buat berjaga jaga saja," ujar Suparman, Kepala Bengkel Auto 2000 Yos Sudarso.

1. Dongkrak

Komponen ini hukumnya wajib ada, jika ingin mengganti ban cadangan. Karena memang setiap mobil pasti sudah dilengkapi peralatan komplit, seperti kunci pas untuk membuka baut ban, sampai segitiga peringatan bagi pengendara lain.

2. Buku manual

Terlihat sepele karena meski ada di dalam mobil, bisa dipastikan jarang atau bahkan sama sekali tidak pernah dibuka. Buku manual penting tetap ada di dalam mobil, untuk mencari info mengenai adanya gejala tak lazim di mobil, atau informasi seputar kendaraan lainnya.

3. Kabel Jumper

Perangkat ini tidak bisa dianggap remeh saat sedang melakukan perjalanan jauh. Ada baiknya komponen ini dibawa, karena fungsinya sangat berguna ketika Anda mengalami mogok karena aki yang tekor.

Baca Juga : Perhatikan Mika Lampu Mobil Saat Berpergian Jauh

4. Pengukur tekanan ban

Untuk memastikan kondisi ban memiliki tekanan udara yang sesuai, jangan lupakan untuk selalu membawa pengukur udara, yang saat ini mudah didapatkan di toko-toko yang menjajakan ragam aksesori mobil.

5. Senter

Berguna untuk penerangan saat mobil dalam kondisi darurat di jalan raya, ketika malam hari. Bisa juga gunakan lampu handphone dan senter konvetional.

Cairan chemical yang bisa dibawa.

6. Chemical

Ada baiknya saat menempuh perjalanan jauh pemilik mobil menyediakan berbagai cairan perawatan, mulai dari oli mesin cadangan, minyak rem, dan air radiator. Lalu bisa juga waterless car wash, interior cleaner, disinfectant, pembersih kaca, air wiper, hingga contact cleaner untuk membersihkan sesuatu bersifat kelistrikan. Dilengkapi lap microfiber, atau plaschamois jika mobil terkena hujan.

Baca Juga : Sederhana Tapi Wajib, Ini Fungsi Center Ring Untuk Pelek Aftermarket

7. Kotak P3K

Ini juga tidak bisa diremehkan, karena sesuai fungsinya, peralatan medis sederhana ini sangat berguna untuk pertolongan pertama bila ada luka, atau terjadi insiden.