Lindungi Penumpang Dari Covid-19, PO Sumber Alam Bikin Bus Anti Virus

Lindungi Penumpang dari Covid-19, PO Sumber Alam Bikin Bus Anti Virus PO Sumber alam, sosial distancing bus

KabarOto.com - Dalam rangka mendukung pemerintah memerangi Covid-19 yang masih mengancam Indonesia, Hino menghadirkan 4 bus, yaitu Hino Bus R260 yang disulap oleh PO Sumber Alam menjadi Bio Smart & Safe Bus. Kemudian Hino FC Bus dengan aplikasi Mobile Polymerase Chain Reaction (PCR) Lab. Dua bus lainnya adalah Hino Flexicab Microbus dengan bodi ambulans dan Bodi mobile PCR Lab.

Paling menarik adalah Hino Bus R260 Bio Smart & Safe Bus, diubah oleh PO Sumber Alam yang bekerja sama dengan Karoseri Laksana, dibantu Universitas Diponegoro (UNDIP), dan dipandu Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Baca Juga: Covid-19 Masih Mengancam, Hino Hadirkan Kendaraan Untuk Cegah Penularan

Bus tersebut berkonsep Bio Smart and Safe Bus. Digunakan untuk moda transportasi masyarakat di masa pandemi agar aman dan nyaman. Bus ini menerapkan kursi tempat duduk physical distancing, dengan konfigurasi 1-1-1.

Kabin sosial distancing, ada jarak antar penumpang

Bus ini didesain dengan sirkulasi udara laminar vertikal pada kabin, agar udara yang dihadirkan lebih bersih karena adanya penyedot udara di bawah kursi penumpang atau Inlet AC. AC akan menyedot udara dari atas, serta jalur keluarnya AC juga dari atas kepala penumpang, hal ini menimbulkan turbulensi udara.

Untuk Bio Smart and safe bus ini penyedot udara berada di bawah, sehingga udara yang keluar dari louver AC bisa langsung turun dan terhisap oleh inlet AC yang ada di bawah untuk kemudian disterilkan lagi dengan HEPA filter dan UV-C light untuk menjadi udara yang lebih bersih.

Ilustrasi sirkulasi udara di kabin Po Sumber Alam

Bus Hino Bio Smart & Safe Bus ini turut juga disemprotkan lapisan material Nano Silver pada seluruh permukaan interior bus untuk membunuh bakteri dan virus yang menempel di dalam bus. Awak bus akan membagikan masker herbal kepada penumpang, untuk memberikan rasa aman dan nyaman penumpang selama berada di perjalanan.

Anthony Steven H, Owner PO Sumber Alam mengatakan, konsep bus diatur agar sirkulasi udara di kabin menjadi lebih bersih, aman dan tentu saja lebih sehat. "Jadi virus yang berkeliaran di dalam kabin dapat tersedot ke bawah," terangnya.

Baca Juga: Penuhi Kebutuhan Konsumen, Hino Tingkatkan Fasilitas 3S Pada Dilernya Di Kalimantan

Virus akan tersaring dengan baik, untuk menjadi udara yang lebih bersih di dalam bus. "Material nano silver juga memberikan proteksi tambahan bagi penumpang," tambah Anthony. Partikel ini, menurut dia akan membantu membunuh bakteri atau virus – virus yang menempel di dalam bus.