POPULAR STORIES

Lintasan Kejurnas Reli 2021 Lebih Beragam, Ini Komentar Rifat Sungkar

Lintasan Kejurnas Reli 2021 Lebih Beragam, Ini Komentar Rifat Sungkar XRT

KabarOto.com - Berbicara sebuah ajang rally, karakter lintasan dan kondisi alam menjadi tantangan utama yang harus ditaklukkan para pereli. Perubahan cuaca tak jarang pula menjadi faktor yang membuat tantangan menjadi lebih menarik. Seperti yang terjadi pada Putaran 1 dan 2 Kejurnas Sprint Rally 2021 di Tanjung Lesung.

Untuk Kejuaraan Nasional Sprint Rally 2021, Ikatan Motor Indonesia (IMI) sudah menetapkan empat putaran kejuaraan dengan variasi karakter lintasan yang relatif menarik dan boleh dibilang lengkap.

Putaran pertama dan kedua berlangsung di Tanjung Lesung dengan karakter lintasan gravel atau tanah. Sementara untuk Putaran 3 yang berlangsung di Bukit Hambalang dan Putaran 4 di Meikarta akan memiliki lintasan dengan karakter permukaan yang keras, yaitu berbatu dan aspal.

Meski berada sama-sama di Kawasan Tanjung Lesung, kondisi trek gravel antara Putaran 1 dan Putaran 2 memiliki perbedaan. Pada putaran pertama, yang berlangsung bulan April silam, lintasan berada di bibir pantai, dengan area terbuka dan memiliki kontur yang rata.

Pada putaran kedua, lintasan lebih tertutup yang dinaungi pohon-pohon dan jenis tanahnya lebih keras. Permukaan lintasannya pun berkontur naik turun tidak flat atau rata.

Baca juga: Sabet Gelar Juara, Rifat Sungkar Geber Xpander AP4 Tercepat Di Kejurnas Tropical Sprint Rally 2021

Menurut pereli Xpander Rally Team (XRT) Rifat Sungkar, kedua lintasan tersebut memiliki tantangan yang berbeda. “Pada lintasan putaran pertama, permukaannya cenderung rata sehingga pereli dapat melihat jelas arah lintasan di depan. Sementara pada putaran kedua, lintasannya naik turun dan pandangan terbatas karena terhalang semak tinggi dan pepohonan, sehingga pace note yang dibuat navigator harus memiliki akurasi yang lebih tinggi,” ucap Rifat Sungkar.

Pada dua putaran pembuka, XRT yang memacu Mitsubishi Xpander AP4, telah menunjukkan keperkasaannya dengan meraih juara pertama di Putaran 1 dan Runner up di Putaran 2, Sehingga masih menjadi yang teratas dalam klasemen umum.

Mitsubishi Xpander AP4 juga akan menghadapi tantangan berbeda pada putaran ketiga dan keempat. Pada tanggal 13-14 November 2021, Kawasan Bukit Hambalang, Sentul, Jawa Barat, yang akan menjadi arena untuk Putaran 3 merupakan area perbukitan yang didominasi permukaan jalan berbatu.

“Saya belum mencoba trek di Sentul ini, meski saya sudah melihatnya. Jalanannya berbatu, naik turun dan berkelok-kelok. Di lintasan ini performa mobil mendapat tantangan cukup besar,” terang Rifat, sapaan akrabnya.

Putaran 4 yang menjadi seri pamungkas Kejurnas Sprint Rally 2021, akan berlangsung di Meikarta, pada tanggal 27-28 November, pereli bakal menghadapi tantangan di permukaan aspal. Tidak sedikit yang menganggap lintasan aspal kurang menyuguhkan tantangan menarik sebagai lintasan sprint rally, padahal tidak demikian.

Baca juga: Rifat Sungkar Bawa Xpander Rally Team Kuasai Klasemen Kejurnas Reli 2021

Menurutnya, di lintasan aspal, tim rally harus mampu membuat settingan mobil yang tepat mulai dari travel suspension (tinggi rendahnya suspensi), sistem pengereman dan sebagainya. Di sisi lain, pereli juga harus mengerahkan kemampuan terbaik mereka, termasuk menyesuaikan gaya balap. Persaingan di lintasan aspal pun juga akan menjadi lebih ketat, sebab catatan waktu setiap pereli hanya dibedakan dalam hitungan sepersekian detik saja.

“Mobil harus diset lebih rendah agar tidak limbung dan pereli harus menyesuaikan gaya balap terutama dalam hal pengereman. Jika tidak, rem akan cepat aus dan menjadi blong,” papar pemukim kawasan Bintaro, Tangerang Selatan itu.

Rifat Sungkar sangat mengapresiasi IMI karena telah menyuguhkan lintasan yang bervariasi dan memiliki tantangan yang berbeda-beda dalam kalender Kejurnas Sprint Rally 2021 ini. Selain lebih menarik, menurut Rifat, kemampuan pereli maupun tim rally dalam menghadapi berbagai kondisi pun menjadi lebih terasah.

“Ujung-ujungnya, dunia rally Indonesia akan lebih berkembang, baik itu dari skill perelinya, kemampuan mekaniknya, juga atraksi yang dihadirkan untuk penonton,” tutupnya.