Lotus Evora GT, Varian Tercepat Dan Teringan

Lotus Evora GT, Varian Tercepat dan Teringan Foto: Lotus

KabarOto.com – Produsen mobil sport asal Inggris mengeluarkan update mobil dari Lotus Evora generasi terbaru, dengan Evora GT yang akan dirilis pada 2020. Mobil ini merupakan model penerus dari Evora 400 dan Evora 410 yang dijual terbatas.

Evora GT diklaim Lotus lebih cepat dan lebih ringan 32 kg dari pendahulunya. Nantinya, mobil ini akan menjadi lebih baik dari saudaranya Evora 400 di segala lini.

Bobot semakin ringan dihasilkan berkat komponen serat karbon ringan yang digunakan sebagai standar di beberapa bagian. Berkat penggunaan komponen ringan, membuat mobil ini memiliki bobot 1.408 kg, lebih ringan 32 kg dibandingkan Evora 400.

Baca juga: Renault Twizy Dan BMW I3 Bakal Jadi Kendaraan Operasional Garuda Indonesia Di Terminal 3

Siluet ramping dan downforce aerodinamis, menghasilkan downforce hingga 64 kg, membuat mobil ini semakin stabil saat dibawa berakselerasi kencang.

Supaya Evora GT menjadi mobil sport yang ringan, serat karbon merupakan bahan yang mendominasi dalam perakitan. Misal di bagian fender depan, bumper belakang dan side skirt.

Terdapat pilihan penggunaan serat karbon tambahan di bagian lain, dengan menambah paket seharga US$10.000 atau sekitar Rp 140 juta untuk kap depan, atap, bumper dan diffuser belakang, penutup mesin louvered satu bagian dan spoiler belakang didesain ulang.

Baca juga: Keren Nih, Suzuki Jimny Modifikasi Ini Tampil Garang Sob!

Aerodinamika semakin efektif dengan splitter depan, ventilasi di atas lengkungan roda depan, juga bumper belakang didesain ulang dengan ventilasi yang lebih besar, dan diffuser belakang dengan bentuk baru.

Panel A dibuat lebih rendah dan melengkung, untuk mengurangi hambatan aliran udara dan efektif menyalurkan aliran udara di sepanjang sisi mobil.

Masuk ke interiornya, kabin terlihat elegan dan sporty dengan bahan Alcantara warna hitam di dasbor, panel pintu dan konsol tengah. Juga setir dilapisi kulit dan bahan Alcantara, serta serat karbon di bagian instrument cluster dan bagian belakang jok bucket dari Sparco.

Sistem hiburannya pakai layar sentuh 7 inci yang terintegrasi dengan Android Auto dan Apple Car Play, koneksi Bluetooth, navigasi satelit dan kamera mundur.

Sebagai mobil sport cepat, Evora GT dibekali mesin V6 Supercharged dari Toyota berkapasitas 3.500 cc. Menghasilkan tenaga 416 dk dan torsi 450 Nm, mesin tersebut terhubung dengan girboks manual 6 percepatan atau otomatis 6 percepatan. Lotus mengklaim mobil ini sanggup berakselerasi dari kecepatan 0 ke 100 kpj hanya dalam waktu 3,8 detik, dengan kecepatan tertinggi sampai 303 kpj.

Demi pengendalian yang makin baik, Evora GT menggunakan ban Michelin Pilot Sport Cup 2. Tampilannya juga makin sporty dengan pelek forged alumunium berukuran 19 inci di depan dan 20 inci di belakang, berlapis warna matt black atau silver.

Mesin bertenaga, tentu butuh rem mumpuni. Untuk menghentikan laju, Evora GT menggunakan rem cakram 4 piston AP Racing berukuran 370 mm di depan dan rem cakram 2-pieces cross-drilled berukuran 350 mm di belakang.

Baca juga: Terungkap, Teknologi Mesin All New Honda Accord Selalu Bertenaga

Harga untuk pasar Amerika, Lotus Evora GT ini dibanderol mulai US$ 96.950 atau sekitar Rp 1,36 miliar untuk transmisi manual. Namun masih harga mobil standar dan belum termasuk pilihan paket tambahan lainnya.

Paket tambahan lain seperti varian transmisi otomatis perlu menambah sekitar Rp 37 juta, sistem knalpot Titanium sekitar Rp 112 juta dan warna cat pilihan dengan menambah biaya sekitar Rp 113 juta.

Lotus Evora GT 2020 sendiri sudah tersedia dan dapat dipesan di pasar Amerika Serikat dan Kanada. (Nora Dian Pratama)

Data Spesifikasi:

  • Mesin: Toyota V6 Supercharged
  • Kapasitas 3.456 cc
  • Tenaga 416 dk @ 7.000 rpm
  • Torsi 450 Nm
  • Transmisi: Manual 6 percepatan atau otomatis 6 percepatan
  • Torsi maksimal: 430 Nm (Manual), 450 Nm (Otomatis)
  • Ban: Michelin Pilot Sport Cup 2 245/35ZR19 (depan), 295/30ZR20 (belakang)
  • Pelek: Forged Allumunium berukuran 19 x 8 inci (depan) dan 20 x 10,5 inci (belakang) dengan warna matt black atau silver.
  • Dimensi (PxLxT): 4.394 x 1.972 x 1.223 mm
  • Kapasitas Tangki Bensin: 55 liter