Luca Marini Jelaskan Perbedaan Motornya Dengan Spesifikasi Pabrikan

Luca Marini Jelaskan Perbedaan Motornya dengan Spesifikasi Pabrikan

KabarOto.com – Pembalap tim Sky VR46 Avintia Racing, Luca Marini menjelaskan perbedaan Ducati Desmosedici GP19 dengan GP21.

Seperti yang diketahui, dari tiga rookie Ducati dua di antaranya mendapatkan motor spesifikasi lama yakni Desmosedici GP19 di antaranya Luca Marini dan Enea Bastianini (Esponsorama Racing).

Sementara itu, tim pabrikan sudah mengembangkan GP21 dalam banyak hal termasuk sasis dan aerodinamika. Tim satelit, Pramac Racing juga mendapatkan spesifikasi yang sama dengan tim pabrikan. Usai tujuh seri balap MotoGP 2021, Marini beserta Bastianini sekarang berada di peringkat ke-21 dan ke-13 dalam klasemen sementara.

Baca Juga : Ini Penyebab Francesco Bagnaia Gagal Di GP Catalunya 2021

Untuk raihan terbaik, Bastianini di posisi ke-9 di Portimao sedangkan Marini dua kali finis ke-12. Melihat hasil tersebut, Marini pun mencoba menjelaskan perbedaan berdasarkan data yang ia dapatkan dari Ducati.

Fairing baru yang membantu saat tikungan

“Menurut data akselerasi dan corner exit sangat mengesankan Anda saat mengunakan holeshot device. Mereka (yang menggunakan GP21) sangat cepat di sana. Itu juga berlaku di ujung trek lurus. Saat posisi gigi enam, motor terus berakselerasi dengan torsi yang sama. Sementara, motor saya (GP19) kehilangan sedikit tenaga namun tetap fantastis,” ungkap Luca Marini.

Pada musim ini, pabrikan asal Italia itu mampu membuat kemajuan dengan sasis dan suspensi. GP21 lebih baik di tikungan, dan semua itu terlihat dalam tujuh seri yang sudah berlangsung. Tentu, dengan keberhasilan pasangan rider tim pabrikan, Jack Miller dengan Francesco Bagnaia mampu finis 1-2 di Jerez.

“Saat saya mencoba mengikuti mereka di trek, saya dapat melihat mereka telah meningkatkan keseimbangan secara signifikan di tengah tikungan dan itu kesan pertama saya terhadap GP21. Tetapi, untuk motor saya memang akselerasi baik tetapi masalah utama saya saat memasuki tikungan,” lanjut Marini.

Baca juga: 2 Seri MotoGP Di Red Bull Ring Boleh Dihadiri Penonton
Jack Miller jajal fairing baru

Melihat perkembangan tersebut, bisa dilihat bahwa aturan pembekuan mesin tidak dapat menghentikan perkembangan lanjutan di MotoGP. Walaupun begitu, Marini tetap ingin memberikan performa yang terbaik untuk musim ini.

“Motor ini sama sekali berbeda, banyak yang berubah dari sasis dan mesin. Oleh karena itu, tidak mungkin untuk mengontrol data Anda. Kami akan terus mencoba untuk memberikan yang terbaik untuk musim ini,” tutup adik tiri dari Valentino Rossi tersebut.