M-Class Hadir Sebagai Cikal Bakal SUV Modern Mercedes-Benz

M-Class Hadir Sebagai Cikal Bakal SUV Modern Mercedes-Benz

KabarOto.com – Perjalanan SUV Mercedes-Benz dimulai 25 tahun lalu, saat itu mereka merancang mobil dengan nama AAVision berarti (All Activity Vehicle), walau sudah punya G-Class namun Mercedes-Benz melihat potensi besar untuk crossover, oleh karena itu rancamgan dimulai pada 1993 dan produk tersebut diperlihatkan Januari 1996 sebagai mobil konsep yang diluncurkan di North American International Auto Show (NAIAS) di Detroit.

Satu tahun kemudian ketika M-Class (W 163) mulai diproduksi. Pada Mei 1997, M-Class menandai keberhasilan merek ini masuk ke segmen SUV (Sport Utility Vehicle), ini dibuktikan karena ada sekitar 43.134 unit terjual di Amerika Serikat pada tahun 1998.

Baca Juga : Nih, Aksi Porsche 911 Racikan SInger Bisa Speed Off-Road

Pada 1997, seri W163 Mercedes-Benz M-Class dihadirkan ke publik merupakan sebuah SUV yang bisa dipakai off-road dan mobil penumpang ini dibekali penggerak semua roda atau AWD, ground clearance yang tinggi, dan ruang interior yang luas.

Didukung pula dengan suspensi canggih khusus yang menambah tingkat kenyamanan, mobil ini menonjolkan suspensi independen di depan dan belakang. Penggerak semua roda permanen juga berbeda dari sistem konvensional, M-Class dilengkapi dengan kunci diferensial, serta menggunakan ETS (Electronic Traction System). Berguna apabila salah satu roda mulai terjebak di permukaan yang licin, ETS akan mengerem roda tersebut hingga mencapai perbedaan kecepatan ditentukan. Hal ini meningkatkan torsi penggerak ke roda yang masih memiliki traksi baik.

Baca Juga : Jeep Grand Cherokee, Ini Dia Generasi Terbarunya!

Dan sekarang Mercedes-Benz telah melanjutkan generasi dari M-Class dengan memproduksi GLE sejak 2015 lalu bahkan hingga sekarang tercatat 2 juta unit sudah beredar dipasaran.