POPULAR STORIES

Makin Canggih, Poda Metro Jaya Tambah Fitur Di Kamera CCTV Untuk Tilang E-TLE

Makin Canggih, Poda Metro Jaya Tambah Fitur di Kamera CCTV untuk Tilang E-TLE Iluatrasi kamera CCTV (ist)

KabarOto.com - Mulai Juli 2019, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan melakukan perluasan titik E-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement) dengan menambah kamera-kamera CCTV di beberapa lokasi di wilayah DKI Jakarta. Kamera tersebut juga dilengkapi teknologi yang semakin modern.

Kasubdit Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya Komisaris Polisi M. Nasir mengungkapkan, kamera-kamera itu memiliki fitur yang lebih cangih dari kamera sebelumnya yang sudah lebih dulu terpasang di ruas Sudirman -Thamrin.

Baca Juga: Tilang ETLE Berhasil Turunkan Pelanggaran Lalu Lintas Hingga 70 Persen

Bahkan, kamera tersebut dapat masuk melihat ke bagian dalam mobil meskipun kaca mobil dalam kondisi gelap. "Tercatat, ada 10 kamera E-TLE dengan penambahan fitur terbaru yang akan ditempatkan di 10 titik sepanjang jalan Sudirman-Thamrin," kata Nasir dalam keterangannya.

Diharapkan lebih efektif membuat efek jera untuk pelanggar

Lebih lanjut Nasir menyebut, pengendara nakal yang tidak menggunakan sabuk pengaman, bermain ponsel saat berkendara, melewati batas kecepatan, serta melanggar ganjil-genap akan lebih mudah terekam dan ditindak.

"Yang baru fitur tambahannya adalah pemakaian seat belt (sabuk pengaman), penggunaan telepon genggam oleh pengemudi, nomor plat ganjil genap dan batas kecepatan pengemudi," ungkap Nasir.

Baca Juga: Polisi Tilang Ratusan Pelanggar Yang Mengemudi Sambil Merokok

Nasir mengatakan E-TLE sebetulnya sudah diterapkan sejak 1 November 2018 lalu, namun yang saat ini akan diterapkan pada Juli 2019 ialah perluasan titik lokasi E-TLE.

Berikut sebaran titik-titik penempatan kamera E-TLE dengan fitur terbaru:

1. Jembatan penyeberangan orang (JPO) MRT Bundaran Senayan.

2. JPO MRT Polda Semanggi.

3. JPO depan Kementerian Pariwisata.

4. Jembatan penyeberangan MRT dekat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

5. Flyover Jalan Layang Non Tol Sudirman ke Thamrin.

6. Flyover Jalan Layang Non Tol Thamrin ke Sudirman.

7. Simpang bundaran Patung Kuda.

8. Simpang TL Sarinah Bawaslu.

9. Simpang TL Sarinah Starbucks.

10. JPO Plaza Gajah Mada.