Makin Mewah, Ini Tampang Toyota Hiace Generasi Ke-6

Makin Mewah, Ini Tampang Toyota Hiace Generasi Ke-6 Toyota Hiace terbaru (Toyota)

KabarOto.com - Bisa dibilang, Toyota Hiace merupakan salah satu andalan utama Toyota di sektor kendaraan komersil ringan. Minibus ini dianggap sangat cocok untuk dipakai sebagai mobil wisata atau lintas antar kota dengan daya angkut memadai dan nyaman. Tak heran bila lantas banyak perusahaan travel yang menjadikannya sebagai armada.

Saat ini, Toyota telah meluncurkan generasi keenam Hiace dengan wajah yang nyaris berubah total di bagian depan. Filipina menjadi negara pertama di Asia di luar Jepang yang mendapatkan kehormatan untuk launching perdana.

Baca Juga: Masih Nyicil Avanza Lama, Tapi Mau Ganti Yang Baru? Ini Cara Mudah Dari Toyota!

Dari depan perbedaan langsung nyata dengan hadirnya semi bonnet sebagai tempat bersemayamnya mesin diesel sebagai tenaga penggerak. Aplikasi mesin depan untuk generasi ke-6 ini terkait dengan peningkatan unsur safety yang lebih baik ketimbang mesin yang ditempatkan di bawah jok sopir.

Makin mewah dengan desain baru pada lampu belakang

Dengan perubahan ini, Hiace terbaru diklaim lebih rigid dari model lawas selain kenyamanan yang makin meningkat. Hal tersebut karena posisi mesin yang ‘di luar kabin’ sehingga membuat kabin Hiace terasa lebih nyaman karena berkurangnya vibrasi dan panas mesin.

Perubahan desain Hiace ini berhasil membuatnya tampak lebih mewah di luar dengan sentuhan lekuk kap mesin, gril, dan bumper depan menyiku tajam mengikuti bahasa desain global Toyota saat ini.

Perubahan juga terjadi di bagian dalam. Bisa dilihat dari desain dasbor yang lebih mewah dan tata letak ergonomis yang sangat cocok untuk tipe mobil commuter. Asyiknya, pindahnya mesin dari kolong jok depan membuat kabin Hiace berubah jadi lapang di depan dan memberi akses lebih besar untuk ruang gerak penumpang.

Tampilan baru di bagian dasbor

Toyota menghadirkan Hiace dalam dua tipe, yakni tipe Normal dan Long, keduanya dibedakan dari dimensi. Untuk Normal memiliki panjang 5.265 mm, lebar 1.950 mm, tinggi 1.990 mm, dan wheelbase 3.210 mm.

Sementara untuk tipe Long, ia memiliki ukuran yang lebih panjang, yakni 5.915 mm untuk panjang, lebar 1.950 mm, tinggi 2.280 mm, dan wheelbase 3.860 mm. Mengenai susunan kursi (seating arrangement), bisa disesuaikan tergantung kebutuhan pembeli, tapi ia bisa diatur mulai dari 12 hingga 17 orang untuk versi terbesar.

Susunan kursi yang dapat dipesan sesuai kebutuhan

Sebagai model terbaru Toyota, Hiace juga telah menggunakan mesin ramah lingkungan dan berlimpah torsi dari keluarga GD-FTV, yaitu 1GD-FTV berkapasitas 2.800 cc. Kakak dari unit 2GD-FTV milik Toyota Fortuner versi Indonesia ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 176 dk serta pilihan transmisi manual 6 percepatan dan otomatis 6 percepatan.

Baca Juga: Yang Lagi Naksir Innova Reborn Atau Fortuner, Toyota Lagi Ada Promo Menarik Nih!

Pengembangan lain terkait safety, Hiace dengan tiga jok di depan sudah dilengkapi airbags tengah khusus untuk penumpang di tengah. Ini menjadikan Toyota sebagai pabrikan pertama yang memasang airbags tengah di bangku depan, sementara untuk model 2 bangku tetap 2 airbags.

Untuk varian termewah di Filipina disediakan vitur advanced Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, rem ABS, dan Emergency Brake Signals.

Berita Terkait

Berita Terkait