POPULAR STORIES

Makin Serius, Tesla Bakal Bangun Fasilitas Di Jawa Tengah

Makin Serius, Tesla Bakal Bangun Fasilitas di Jawa Tengah

KabarOto.com - Industri otomotif begitu luas dan pabrikannya tersebar di seluruh penjuru dunia. Tesla Inc merupakan salah satu perusahaan otomotif yang beridiri di California, Amerika Serikat sejak 2003. Memproduksi sejumlah kendaraan listrik mewah, kabarnya Tesla akan mendirikan pabrik di Indonesia.

Dikutip dari CNBC, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang telah mengonfirmasi bahwa Tesla berencana membangun pabrik di Indonesia. rencana Kemudian, terkait pembangunan tersebut Tesla akan diarahkan di Batang, Jawa Tengah.

"On going discussion, arahnya ke sana (Batang)," jelas Agus.

Baca Juga: Tesla Tertarik Investasi Di Indonesia

Kabarnya, perusahaan yang dipimpin oleh Elon Musk ini sudah menyampaikan pula rencananya kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan.

"Saya ingin sampaikan lagi peminat investasi ke Indonesia banyak, tadi saya baru ditelepon dari Tesla di Amerika mereka juga berminat membangun (pabrik) baterai lithium di Indonesia," ujarnya beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Tesla Nyatakan, Ventilator Yang Dibuat Untuk Rumah Sakit Telah Memenuhi Standar

Kepastian pabrikan mobil asal Amerika Serikat itu diumumkan Plt Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Ayodhia GL Kalake.

Melalui situs resmi Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Ayodhia menyebutkan, Tesla juga sudah mulai melakukan komunikasi mengenai investasi.

"Tesla secara informal sudah menghubungi Menko Luhut, tetapi masih penjajakan awal, belum terlalu detail," jelas Ayodhia.

Baca Juga: Lakukan Kejahatan Dalam Pabrik, Tesla Pecat Karyawan Tersebut

Kendaraan listrik saat ini digadang-gadang sebagai kendaraan masa depan ramah lingkungan. Sudah banyak pabrikan otomotif yang meluncurkan sejumlah mobil atau motor berbasis baterai tersebut. Pemerintah nampaknya terus mendukung pengembangan kendaraan jenis ini.

Saat ini, di Indonesia sudah ada beberapa merek otomotif yang mengeluarkan mobil listrik atau hybrid, antara lain BMW, Toyota, Nissan, Mitsubishi, dan lainnya. Tapi tidak dibuat di sini!