POPULAR STORIES

Marquez Ukir Rekor Baru Di MotoGP San Marino

Marquez Ukir Rekor Baru di MotoGP San Marino Marc Marquez (istimewa)

Kabaroto.com - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengukir rekor baru saat memenangi balapan MotoGP San Marino yang berlangsung di Sirkuit Misano, Minggu (10/9/2017). Rekor apa?

Marc Marquez menempati podium teratas pada balapan di Sirkuit Misano dengan kondisi trek basah. Pada balapan ini, pebalap berjulukan Baby Alien itu mengunakan rem cakram karbon.

Baca Juga:

Padahal, ada anggapan penggunaan cakram karbon di lintasan basah merupakan sebuah kesalahan besar.

Brembo, perusahaan yang mendesain perngkat rem terkemuka di dunia, pernah memberikan analisis bahwa mustahil bagi pebalap memenangkan lomba dengan cakram karbon pada kondisi trek basah.

Sekarang mitos yang telah tertanam selama bertahun-tahun itu berhasil dipatahkan juara dunia MotoGP 2016 tersebut. Marquez menjadi satu-satunya pebalap yang memenangi balapan di trek basah dengan menggunakan rem cakram karbon.

"Sebuah kemenangan yang tidak terpikirkan beberapa tahun yang lalu dan mematahkan anggapan rem karbon dipakai pada kondisi kering dan baja dengan kondisi basah," demikian pernyataan Brembo.

Alih-alih menyebut Marquez hebat, Brembo justru mengklaim sebagai pihak yang berperan penting di balik kemenangan sang pebalap.

"Kemenangan ini terjadi karena perbaikan sensasional yang telah dilakukan Brembo pada cakram karbon selama beberapa tahun terakhir. Berkat bahan yang digunakan dan proses produksi yang kian presisi, cakram karbon telah berevolusi signifikan. Hasilnya menegaskan, inovasi teknis adalah bagian dari merk Brembo," lanjut pernyataan tersebut.