Marvia 911 Mobil Lokal Langka Milik Andre Taulany

Marvia 911 Mobil Lokal Langka Milik Andre Taulany Instagram : @andreastaulany

KabarOto.com – Andre Taulany memang dikenal punya hobi mengkoleksi mobil antik, beberapa waktu lalu KabarOto sempat membahas salah satu koleksi kesayangannya yakni BMW E30 Coupe. Nah kali ini ada mobil unik lagi nih.

Menariknya ini merupakan sebuah mobil lokal bukan CBU. Tapi pasti kalian penasaran, fotonya Porsche kok sebutnya lokal?

Nah jawabannya karena ini bukan sebuah Porsche asli, tapi hasil convert full. Oh iya, mobil tersebut bukan custom order dari owner ke sebuah bengkel pengrajin mobil dan sebagainya loh, melainkan memang dijual dengan keadaan seperti itu.

Baca Juga : Ini Sejarah BMW E30 Coupe Kesayangan Andre Taulany

Jadi mobil tersebut punya merek Marvia, jenisnya adalah 911 Carrera, basisnya sendiri merupakan Mazda MR90 lansiran tahun 1993. Awalnya mobil tersebut hanya dibuat untuk purwarupa, dimana dulunya Porsche dan Indomobil sempat ingin membuka pabrik di Indonesia.

Oleh karena itu dipesanlah beberapa indikator dan lampu asli Porsche 911 untuk keperluan research. Dan PT. Marvia Graha Motor salah satu anak perusahaan Indomobil digawangi Marvi Affandi, ditunjuk untuk membuat semirip mungkin dengan bentuk body asli 911 dari bahan dasar fiberglass.

Dapur pacunya menggendong mesin 4 silinder SOHC berkapasitas 1.415 cc, mesin ini serupa seperti yang digunakan Mazda Vantrend. Soal tenaga berkisar 72 dk pada 5.700 rpm, lengkap dengan transmisi manual 5 percepatan. Jadi jangan mengharapkan performa rasa Porsche yang bisa sampai 200 dk lebih.

Ketika mobil tersebut dipajang di showroom, ternyata antusiasnya sangat baik. Bahkan hingga 1997, Marvia 911 tercatat terjual hingga 50 unit lebih. Namun disinilah imbasnya, Porsche mengetahui adanya replika mobilnya berencana untuk menggugat Indomobil. Dan tidak sampai disana, Mazda juga menuntut karena mesinnya digunakan tanpa izin.

Baca Juga : Akira Nakai Tengah Garap Body Kit RWB Di Porsche 997 Cabriolet

Pada 1997, akhirnya PT. Mazda Indonesia Manufacturing ditutup, dan semua mesin cetak hingga produksi ditarik kembali oleh Mazda Motor Corporation Jepang. Lalu PT. Marvia Graha Auto turut dibubarkan, dan Indomobil terkena denda penalty.

Wah walau cukup kelam diakhir masa produksinya, tapi jika dilihat waktu sekarang masih sangat menarik yah, bahkan bagi yang awam mungkin akan tertipu dengan mudah karena sangat mirip. Oh iya, lewat akun Instagramnya, ternyata mobilnya juga dijual tuh dibanderol Rp 275 juta nego.

Bagaimana apa ada Sobat KabarOto yang tertarik?