POPULAR STORIES

Mau Ganti Aki Sendiri Di Rumah? Ini Caranya

Mau Ganti Aki Sendiri di Rumah? Ini Caranya Sumber : Getty Image

KabarOto.com – Dalam beberapa waktu tertentu, kita kerap kali dipaksa dapat melakukan servis kendaraan sendiri. Contohnya adalah mengganti accu atau aki mobil, walau terkadang penjual aki sudah sepaket dengan pemasangan. Namun jika suatu saat kita dipojokkan harus menggantinya sendiri terkadang bingung pemilik bingung mana katup dibuka terlebih dulu, lalu takut tersetrum, atau takut percikan api keluar.

Nah mengenai hal tersebut, KabarOto beri tahu nih buat kalian Sobat KabarOto cara mengganti aki sendiri dirumah atau dijalan. Caranya mudah kok sob.

“Untuk melakukan penggantian aki sendiri, pertama siapkan kunci yang dibutuhkan, lalu lepas klem terminal negatif terlebih dulu atau yang berwarna hitam. Tujuannya, agar tidak terjadi konsleting akibat kunci yang kita pegang. Setelah itu barulah lepas bagian katup positif atau warna merah,” ujar Dede Surya Fandy Owner Garage Autoshop.

Baca Juga : Review Mobil Bekas: Lincah Dan Dinamis Mitsubishi Outlander PX 2013

Sehabis keduanya terlepas, pastikan angkat secara perlahan dan hati-hati. Lalu apabila ada kotoran seperti kerak, bisa dibersihkan dahulu menggunakan air panas dan sikat sampai bersih, serta keringkan dengan benar.

Setelah itu siapkan aki baru, kebalikkan dari melepas “Pasang kutub positif terlebih dulu, lalu baru pasang yang negatif. Jangan lupa kencangkan klem supaya kabel tidak terlepas,” papar pria ramah itu.

Baca Juga : Cara Merawat Rem Motor Supaya Tetap Maksimal

Oh ya, perlu diingat untuk beberapa mobil perlu perlakuan khusus loh. Pasalnya sebagian mobil tidak boleh arus elektrikal didalamnya terputus dengan saluran listrik, kalau tidak maka ECU akan reset dan harus servis ke bengkel resmi. Oleh karena itu harus di-jumper terlebih dulu.

“Beberapa kasus mobil, biasanya Eropa itu harus di-jumper, karena kalau arus listrik putus maka ECU akan reset. Caranya, nyalakan mesin dan cukup pakai aki kecil saja, lalu gunakan kabel jumper dijepit ke klem katup positif dulu, baru katup negatif. Dan lakukan pelepasan aki, jangan sampai jepitan kabel lepas hingga aki baru terpasang. Setelah terpasang copot kabel jumper dari negatif baru positif,” jelasnya.