POPULAR STORIES

Mau Liburan Pakai City Car? Perhatikan Hal Ini

Mau Liburan Pakai City Car? Perhatikan Hal Ini (foto: istimewa)

Musim libur akhir tahun sudah didepan mata. Anda tentu sudah punya rencana kemana akan pergi dan berapa jarak yang akan ditempuh. Nah buat bro and sis yang menggunakan city car atau mobil hatchback yang anda harus perhatikan adalah bagaimana jalur yang akan anda tempuh. Karena mobil ini tidak memiliki bagasi yang cukup luas, maka barang bawaan juga menjadi pertimbangan, agar jangan sampai mobil yang anda tumpangi kelebihan beban.

Beberapa hal yang harus anda perhatikan jika ingin melakukan perjalanan panjang dengan city car atau hatchback:

Kabin & Bagasi city car harus menjadi perhatian anda, jangan sampai barang bawaan yang diletakan dibelakang menutupi kaca spion yang akibatnya anda tidak bisa melihat kondisi jalan di belakang. Selain itu berlebihan membawa barang di bagasi juga bisa terkadang bisa melebihi beban mobil yang seharusnya, dan ini sangat berbahaya bagi anda.

Menurut Jusri Pulubuhu, instruktur dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), jika menggunakan hatchback atau city car untuk touring jarak jauh, penataan kompartemen di bagasi harus jadi fokus utama. Jika salah penataan kompartemen makan akan membuat anda celaka.

Toolbox menjadi hal lain yang sangat penting, jangan sampai salah dalam meletakan tool box. Karena saat anda melakukan pengereman mendadak, barang yang ada didalamnya akan keluar dan mungkin bisa melukai anda.

Beban juga menjadi perhatian anda, diharapkan mengikuti apa yang sudah ditentukan APM yang terdapat didalam manual book. dan jangan pernah meninggalkan barang berharga di bagian belakang. karena mobil jenis city car atau hatchback tidak ada bagasi, maka bisa terlihat dari luar. bergelut di dunia safety driving ini.

Rute perjalanan juga harus menjadi perhatian. Lihatlah kapasitas mesin mobil anda, yang anda harus pahami adalah karakter mopbil, mesin mobil serta mengetahui rute atau medan yang akan anda lalui.

Baca Juga: