POPULAR STORIES

Mau Mudik Tapi Kaki-kaki Mobil Bermasalah? Rekondisi Bisa Jadi Alternatif

Mau Mudik Tapi Kaki-kaki Mobil Bermasalah? Rekondisi Bisa Jadi Alternatif Ilustrasi Kaki-kaki Mobil (istimewa)

KabarOto.com - kaki-kaki merupakan salah satu bagian terpenting mobil, dan dari sektor tersebut lah kenyamanan dapat tercipta. Menghadapi Mudik 2018 kali ini, kondisi kaki-kaki yang prima menjadi keharusan.

Melintasi perjalanan jarak jauh dengan berbagai kondisi lintasan, menuntut kaki-kaki mobil yang prima agar perjalanan menjadi lebih aman dan nyaman. Lalu bagaimana bila kaki-kaki mobil mulai kendor, dan mengeluarkan berbagai macam bunyi, serta membuat setir terasa ditarik?

Baca Juga: Shop&Drive Siapkan Posko Mudik Jelang Hari Raya Idul Fitri

Mengganti dengan part baru adalah salah satu solusinya, namun terkadang harga dari part kaki-kaki orisinil dirasa terlalu mahal. Namun, jangan khawatir, kini ada alternatifnya, bisa dengan merekondisi kaki-kaki mobil yang sudah menurun kondisinya.

"Hampir semua bagian kaki-kaki bisa direkondisi, seperti ball joint, tie rod, link stabil, serta bushing arm," ujar Wawan dari bengkel rekondisi Lili.

Prosesnya, karet-karet yang ada di bagian kaki-kaki yang sudah pecah atau retak, diganti, dibuatkan lagi dengan karet khusus yang bentuknya bisa disesuaikan dengan masing-masing tipe mobil.

"Kita punya alat khusus untuk mencetak bushing atau komponen lain berbahan karet. Pada dasarnya, bagian dalam semua kaki - kaki terbuat dari bahan plastik atau karet bisa direkondisi dengan harga terjangkau," jelas Wawan yang bermarkas di bilangan JL. H Nawi, Jakarta Selatan ini.

Biaya rekondisi yang ditawarkan cukup bersahabat, mulai dari Rp 300 ribu hingga Rp 2 juta tergantung kerusakan, dan tipe mobil. "Yang agak mahal biasanya mobil premium Eropa semisal Range Rover, atau Jaguar," jelas Wawan.

Menariknya, semua pengerjaan rekondisi kaki-kaki tersebut digaransi hingga 1 tahun. Kalau ada keluhan, bisa dibawa lagi untuk dicek dan tidak dikenakan biaya," lanjut Wawan.

Hampir semua jenis mobil bisa direkondisi kaki-kakinya, baik buatan Jepang maupun Eropa.

Tak hanya itu, di bengkel yang khusus bulan Ramadhan buka dari Senin hingga Minggu ini, juga bisa merekondisi Shockbreaker dan racksteer yang bermasalah. Mau coba?