POPULAR STORIES

Mau Ubah Mobil Standar Jadi Drift? Ikuti Cara Ini

Mau Ubah Mobil Standar jadi Drift? Ikuti Cara Ini Tips ubah mobil standar jadi mobil Drift. (Foto: Bimo H.)

Beberapa tahun belakangan, kata-kata Drift banyak menghiasi media otomotif baik itu cetak maupun elektronik. Film-film action pun menampilkan Drift ini sebagai penghias keseruan dimana mobil-mobil sport dengan bentuk yang tidak lagi standard melakukan gerakan yang hanya bisa dilakukan oleh ahlinya.

Drift sendiri memiliki kepanjangan Drive Rightly In False Turn, jika diambil kesimpulan kata Drift dapat diartikan sebuah teknik menyetir di mana pengemudi berusaha membuat mobilnya berada dalam posisi miring dan meluncur selama mungkin. Para Drifter (sebutan untuk pembalap drifting) hanya menggunakan gigi dua dan rem tangan atau hand brake untuk menunjukkan teknik tingkat tinggi ini. Untuk melakukannya sangat dibutuhkan keahlian tertentu untuk bisa menguasai teknik mengemudi seperti ini.

Diawal tahun 2010, Drift mulai ramai dan diminati di Indonesia maupun manca negara. Bengkel-bengkel khusus pun bertebaran sehingga drifter-drifter pun bisa bebas memilih bengkel mana y ang menjadi jagoannya.

Nah buat bro and sis yang gemar balap mobil dan ingin menjajal bagaimana sensasi drifting? Ada baiknya memodifikasi mobil sesuai dengan kebutuhan untuk drifting. Jajang Motor Sport memberikan masukan untuk mobil-mobil standard yang ingin diubah menjadi drift car. Berikut langkahnya.

Siapkan uang yang cukup banyak
Karena mengubah mobil standard menjadi drift car harus mengangi sebagian besar perangkat yang ada didalam mobil. Dan pengerjaannya pun memakan waktu 3 sampai 6 bulan.

Mobil harus RWD (penggerak roda belakang)
Mobil yang akan dibangun menggunakan penggerak roda belakang (RWD). Biasanya mobilmobil yang dipakai adalah Nissan Cefiro bmw E30 E36, Nissan Silvia, Toyota Lexus, Aristo,

Gunakan mesin yang lebih besar
Biasanya, drifter mengganti mesin mobil standardnya dengan yang lebih besar. Atau jika tidak, mekanik memodifikasinya. Mesin-mesin yang bioasa digunakan adalah 1JZ atau 2JZ dari Toyota Supra, mesin RB25 atau RB26 dari Nissan Skyline, mesin SR20 dari Nissan Silvia, mesin 1UZ 8 silinder milik Toyota Soarer ataupun mesin LS milik Chevrolet.

Pilihan mesin tergantung dengan mobil yang digunakan, misalnya mesin Supra memiliki horse power yang besar sedangkan mesin V8 memiliki torsi yang besar.
Untuk tenaga mesin,Mobil Drift idealnya kejar tenaga hingga 400-500 HP. Modifikasi mesin seperti ganti turbo, piston, stang piston, injector, engine management, dan tingkatkan boost turbo. Dan jika ingin ikut kompetisi maka penggunaan nitrous pun diperbolehkan untuk mengejar putara mesin dibawah.

Kaki-kaki mobil Drift harus tangguh
Kaki-kaki mobil Drift harus tangguh dalam melewati setiap tikungan di arena drift. Piranti ini wajib digunakan pada seperti pasang suspensi coilover, adjustable arm, maupun limited slip differential yang bisa didapat di pasaran.
Yang tak kalah penting dalam memodifikasi Mobil Drift adalah melakukan modifikasi agar ban bisa belok lebih banyak, bisa sampai 60 derajat. Modifikasi seperti knuckle, terot, sampai lower arm yang lebih panjang.

Jika bisa menggunakan velg lebar. Agar bisa menggunakan brake kit yang besar serta velg akan keluar body, berarti ban bisa pakai yang lebih lebar jadi bisa mendapatkan traksi yang lebih pada bagian depan

Gunakan Roll Bar
Penggunaan roll bar wajib pada Mobil Drift untuk berkompetisi, dan yang terpenting roll bar tidak asal terpasang, tapi harus di-las dengan kuat. Tujuannya untuk keamanan selain itu membuat rigid sasis.

Baca Juga: