POPULAR STORIES

Bocah 13 Tahun Pukau Juri Dan Pembalap Profesional Dengan Aksi Driftingnya

Bocah 13 Tahun Pukau Juri dan Pembalap Profesional dengan Aksi Driftingnya kipli/iphotoworks

KabarOto.com - Firenze Akello, atau yang akrab dipanggil Firo, seorang bocah 13 tahun yang merupakan Putra dari pembalap Wahyu Kumoro Wreksoatmodjo, berhasil menuntaskan kejuaraan Internasional D1GP SEA, Malaysia.

Ia pun menunjukkan aksinya di Melaka International Motorsports Circuit, Malaysia pada tanggal 18 dan 19 Maret 2023 lalu, melibas pembalap-pembalap internasional sekaligus memukau juri.mereka tak menyangka dengan kemampuan Firo yang masih berusia 13 tahun.

"Total peserta 54 pembalap. Setiap seri, diadakan babak kualifikasi. Hanya 24 peserta yang lolos ke tandem battle. Di seri 4, firo kualifikasi urutan ke 21 dari 54 pembalap. Di seri 5, firo kualifikasi urutan 11 dari 54 pembalap," terang Mimo, sapaan akrab sang ayah.

Meski demikian, Firo sempat mengalami kesulitan, karena mobil Nissan 180 SX yang digunakan menggunakan mesin SR20DET, tenaganya tak sampai 300 dk.

Baca Juga: Sangar! Bocah 13 Tahun Asal Indonesia Tempur Ke Balap Drifting Internasional D1GP

Hal tersebut jauh berbeda dengan mobil yang biasa digunakan Firo untuk drifting di Indonesia, yakni Nissan Cefiro bermesin RB25DET, dimodifikasi sedemikian rupa, hingga menghasilkan tenaga 500 dk (on wheel) racikan Taqwa dari Garden Speed.

"Ekspektasi Firo tidak menggunakan mobil dengan tenaga pas-pasan di ajang D1GP ini, meski begitu Ia tetap kompetitif dan memukau lawan-lawannya hingga juri dengan tekniknya," kata pria pehobi motor gede itu.

Mimo mengatakan, Firo menunjukkan banyak aksi di luar dugaan, mulai dari inner clipping point yang sempurna, hingga aksi flick, membuatnya nyaris disangka 'melintir' ala backward entry.

"Saya bilang ke dia, kalau run 1 kamu sudah aman dan bagus, di run 2 kamu bisa sedikit lebih push lagi, akhirnya dia melakukan flick yang bikin kaget juri-juri internasional," bebernya.

Selain itu, yang membuat Firo makin tertantang adalah, saat melawan Masato Kawabata, seorang pembalap profesional, sekaligus idolanya sejak kecil.

Baca Juga: First Drive - Jajal Singkat Chery Omoda 5 Di Trek Drift BSD Tangerang

"Lucunya, dia (Kawabata) sempat foto bersama Firo waktu masih kecil, sekarang mereka jadi lawan tandem di D1GP, Kawabata pun sempat keluar dari tenda dan menghampiri Firo hanya untuk mengatakan kemampuannya hebat," Beber Mimo.

Hal tersebut tentu menjadi pengalaman yang berharga untuk karirnya di dunia drifting. "Sudah ada beberapa tawaran untuk Firo, dengan mobil yang lebih kencang dan handling mobil lebih baik pada kesempatan selanjutnya," kata Mimo.

Meski kemampuannya mumpuni di dunia drifting, Mimo menekankan bahwa Firo tetap harus tetap fokus di bidang akademik. "Mohon do'anya yang terbaik untuk Firo dan Mechanic Guys kedepannya, thank you!"

Berita Terkait

Berita Terkait