POPULAR STORIES

Sangar! Bocah 13 Tahun Asal Indonesia Tempur Ke Balap Drifting Internasional D1GP

Sangar! Bocah 13 Tahun Asal Indonesia Tempur ke Balap Drifting Internasional D1GP Kipli/ iphotoworks

KabarOto.com - Firenze Akello, seorang bocah yang baru saja menginjak usia 13 tahun akan harumkan nama Indonesia dengan menginjakkan kakinya di ajang drifting internasional D1GP.

Siapa sangka, putra pertama dari pembalap Wahyu Kumoro Wreksoatmodjo tersebut punya bakat sama seperti sang ayah di dunia otomotif, khususnya motorsport.

Firo, sapaan akrabnya memulai balap gokart pada umur 5 tahun. Ia pun mulai menekuni ajang motorsport tersebut selama 2 tahun, hingga akhirnya mulai ikut kompetisi pada usia 7 tahun.

Tak hanya itu, Firo yang juga hobi masak dan main gim, mulai menjajaki dunia simulator khususnya drift pada umur 9 tahun. Lalu, ia mulai berkompetisi di Indonesia Digital Drift Series (IDDS) sekaligus menjadi juara nasional pada usia 11 tahun.

Baca juga: Lahirkan 8 Pembalap Baru, Begini Proses Seleksi Astra Honda Racing School

Sejak itu, sederet prestasi telah diukirnya di dunia balap gokart hingga drifting. Rupanya, Mimo, sapaan akrab sang ayah tak ingin tanggung-tanggung mengasah kemampuan sang putra, dengan melatihnya secara intens.

Pencapaian anaknya tersebut patut diacungi jempol, diantaranya seperti podium 2 Cadet Rok Newbie Round 4 E-Shark Rok Cup 2018 National Series, Asia Zone Series. Lalu, masuk podium drift yang baru saja digelar beberapa waktu lalu di ajang IIMS 2023.

Uniknya, Firo yang merupakan bocah 13 tahun, masuk ke kelas Pro yang notabene diisi oleh pembalap-pembalap profesional dan berhasil mengasapi mereka.

"Kemarin di IDC, kelas Pro 1, Firo posisi ke-3 saat kualifikasi. Finis di top 8, karena kopling habis pas battle. Di open class, dia sempat posisi 1 pas kualifikasi, kopling sempet di ganti dan akhirnya juara 2 di Open Class atau kelas umum," beber Mimo saat dikonfirmasi KabarOto (01/03).

Uniknya, Firo mengandalkan mobil bersejarah milik Mimo yang sudah kurang lebih 20 tahun lalu digunakan balap, hingga sekarang.

Adalah Nissan Cefiro dengan mesin RB25DET yang di modifikasi sedemikian rupa hingga menghasilkan tenaga 500 dk (on wheel) racikan Taqwa dari Garden Speed.

Baca juga: Kapolda Metro Sebut Balap Liar Di Jakarta Selatan Paling Meresahkan

Mobil bersejarah tersebut kini dilanjutkan perjuangannya oleh Firo, sang anak yang katanya akan melenggang ke D1GP, level tertinggi di dunia motorsport drifting.

"Firo akan tanding perdana di Malaysia, sesuai janji dan do'a seorang ayah kepada anaknya," tambah Mimo.

Ajang D1GP tersebut akan dihelat di Melaka International Motorsports Circuit, Malaysia pada tanggal 18 dan 19 Maret 2023 mendatang.

Mari kita do'akan Firo bersama-sama agar mendapatkan hasil terbaik untuk sang ayah dan Tanah Air, ya! Good luck, Firo!