POPULAR STORIES

Mobil Listrik Mazda Bakal Gunakan Mesin Rotari

Mobil Listrik Mazda Bakal Gunakan Mesin Rotari foto: www.carscoops.com

KabarOto.com - Perusahaan otomotif asal Jepang, Mazda, terakhir kali menggunakan mesin rotari pada mobil RX-8. Mereka kemudian beralih ke teknologi SkyActiv. Namun, kini Mazda ingin kembali menggunakan mesin rotari pada mobil listrik buatan mereka.

Seperti dilansir dari Carscoops, Kamis (26/10/2017), Managing Executive Officer Mazda Motor Corporation yang bertanggung jawab terhadap pengembangan powertrain, Ichiro Hirose, mengungkapkan mesin rotari akan digunakan sebagai Range Extender Mazda pada tahun 2019.

Baca Juga:

"Kami terus mengembangkan mesin rotari dan berencana untuk memperkenalkannya lagi,” katanya.

Pernyataan Hirose tersebut diperkuat oleh Managing Executive Officer Mazda, Mitsuo Hitomi. Dia menyiratkan Mazda sedang mengembangkan mesin rotari standalone baru.

"Mesin rotari tidak terlalu efisien untuk digunakan sebagai range extender. Namun, apabila dihidupkan, mesin ini lebih halus suaranya dibandingkan dengan produsen mobil lainnya dan lebih sesuai untuk kendaraan listrik," ujarnya.

Tapi jangan beranggapan bahwa mesin tersebut akan menjadi penyokong tenaga utama. Pasalnya mesin rotari hanya jadi pendukung motor listrik pada HEV (Hybrid Electric Vehicle) Mazda pada 2019. Rotari tersebut akan menjadi penghasil tenaga listrik.