POPULAR STORIES

Mazda CX-90 2024 Debut Mesin 6 Silinder, Opsi Plug-In Hybrid

Mazda CX-90 2024 Debut Mesin 6 Silinder, Opsi Plug-In Hybrid Foto: Mazda

KabarOto.com - Mazda North American Operations memperkenalkan Mazda CX-90 2024. Hadir dengan mesin 6 silinder turbo yang melakukan debutnya, serta opsi PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) siap membuat sensasi berkendara SUV besar Mazda yang menyenangkan.

Mazda CX-90 menampilkan proporsi yang bijaksana yang secara sempurna memadukan penampilan performa tinggi dengan penyempurnaan kelas dunia, interior yang dirancang dengan baik dengan ruang kabin yang lebih besar untuk keluarga dan ruang kargo, cukup untuk mengakomodasi kebutuhan gaya hidup apa pun.

Platform yang besar memungkinkan bodi dan spatbor yang lebih lebar serta jarak sumbu roda yang lebih panjang, menonjolkan kekokohan Mazda CX-90 dan semakin menekankan performanya. Bodinya dirancang ramping dengan lekukan yang dibuat yang memberikan ekspresi CX-90 yang selalu berubah yang diciptakan oleh pantulan cahaya dan bayangan.

Baca juga: Mazda MX-30 E-Skyactiv R-EV Memulai Debutnya Di Eropa

Hiasan krom yang tersedia di bumper bawah menonjolkan gaya lebar dan abadi, sementara pelek desain baru model berpotongan berlian ukuran 21 inci dilabur paduan warna hitam dan perak.

CX-90 memperkenalkan warna Takuminuri terbaru Mazda, yakni Artisan Red. Opsi cat yang tersedia ini telah dikembangkan secara khusus agar sesuai dengan CX-90 dan memberikan warna yang canggih, namun sangat tersaturasi pada perpaduan performa dan kehalusan kendaraan.

Desain bermartabat Mazda CX-90 berlanjut ke kabin dengan interior yang memberikan kesan luas mulai dari dasbor melalui penempatan ventilasi dan trim krom yang memanjang hingga ke pintu untuk tampilan yang modern dan linier. Terinspirasi oleh estetika tradisional Jepang, kesan mewah dan nyaman dialami di ketiga barisnya.

Baca juga: Mazda 6 ETLE Mobile Milik Dirlantas Polda Metro Jaya, Mumpuni Tangkap Pelanggar Lalin

Dari kursi depan hingga kursi baris kedua model kapten yang tersedia, hingga baris ketiga, terdapat berbagai material, seperti kulit Nappa, kayu, dan kain tone-on-tone yang semuanya berpadu serasi.

Salah satu contohnya adalah kain khas di dasbor yang dihubungkan menggunakan jahitan gantung, yang secara khusus terinspirasi dari penjilidan buku tangan dan teknik tenun Jepang yang rumit yang dikenal sebagai Kumihimo. Cara ini sengaja memanfaatkan ruang negatif untuk menciptakan desain unik Mazda CX-90 yang menggemakan garis keturunan Jepangnya.

CX-90 dilengkapi dengan Kontrol Postur Kinematik, yang pertama kali diperkenalkan pada MX-5 Miata, sebuah fitur perangkat lunak yang menekan pengangkatan tubuh di tikungan sempit untuk meningkatkan cengkeraman dan memungkinkan semua penumpang mempertahankan postur alami.

CX-90 dilengkapi dengan penggerak semua roda (AWD) i-Activ standar, pengemudi dapat menikmati potensi penuh dari powertrain output tinggi yang tersedia.

Mazda CX-90 tersedia dengan mesin all-new e-Skyactiv G 6 silinder, segaris, turbo, berkapasitas 3.300 cc, yang memiliki tenaga sebesar 340 dk dan torsi tertinggi dari mesin bensin produksi massal yang dikembangkan oleh Mazda yakni 500 Nm.

Mesin ini juga dilengkapi dengan M-Hybrid Boost (sistem hybrid ringan) untuk memberikan efisiensi tanpa mengurangi performanya yang luar biasa. Motor listrik ditempatkan di antara mesin dan transmisi, menciptakan akselerasi yang mulus dari posisi diam, dan memungkinkan motor untuk langsung menggerakkan CX-90 pada kecepatan rendah.

Powertrain e-Skyactiv PHEV baru, yang dirancang untuk beroperasi murni pada motor listrik dalam berbagai skenario berkendara. Untuk memberikan fleksibilitas dan ketenangan pikiran kepada pemilik, mesin 4 silinder 2.500 cc, dengan asupan yang disetel untuk meningkatkan torsi, telah diadaptasi untuk bekerja bersama motor listrik dan baterai berkapasitas tinggi 17,8 kWh. Ini berguna untuk perjalanan yang lebih lama seperti perjalanan darat, atau saat pengemudi membutuhkan akselerasi maksimum, seperti bergabung ke jalan bebas hambatan.

Baca juga: Mazda2 Lanjut Dengan Facelift Bukan Generasi Baru

Semua powertrain CX-90 dipasangkan dengan transmisi otomatis 8 kecepatan baru, yang dirancang khusus untuk powertrain longitudinal berlistrik dan kendaraan platform besar. Gearbox otomatis multi-kecepatan, tanpa konverter torsi, menghasilkan akselerasi yang mulus dan langsung sekaligus meningkatkan efisiensi drivetrain.

"CX-90 menawarkan performa bertenaga dan responsif, desain menawan, dan teknologi intuitif. Kami sangat bangga dengan kerja tim kami pada CX-90, yang kami tahu merupakan kendaraan terobosan di segmennya," pungkas Jeff Guyton, President dan CEO of Mazda North American Operations.