Mazda Motorsport Perkenalkan Mazda 3 TCR

Mazda Motorsport Perkenalkan Mazda 3 TCR

KabarOto.com – Mazda memang sudah cukup lama tidak turun dalam ajang balap, hal ini patut disayangkan mengingat sebenarnya memiliki mobil dengan teknologi terbaru, dan mampu bersaing dengan rival sekelasnya.

Beberapa waktu lalu, ada kabar gembira nih dari Mazda, sebab Mazda Motorsport baru saja mengumumkan mobil balap paling barunya yakni All-New Mazda3 TCR untuk ajang balap turing TCR, mulai tahun depan.

Menggunakan basis dari Mazda3 Hatchback yang sudah di-upgrade sedemikian rupa agar bisa memaksimalkan performa terpendamnya. Untuk bagian eksterior, berbagai penambahan atribut penambah aerodimika turut diaplikasikan.

Misalnya saja untuk bagian depan, terdapat lips spoiler yang cukup lebar demi membelah udara dari bawah, lalu suplai udara ke ruang mesin juga bisa lebih maksimal karena penggunaan kap mesin memiliki lubang udara. Asyiknya, bentuk standar Mazda3 sendiri sebenarnya sudah memaksimalkan udara ke ruang mesin lewat model gril besarnya.

Dari sisi samping, bagian bodi mengusung bahasa desain Kodo, dimaksimalkan dengan model overfender depan belakang berventilasi udara untuk mengalirkan angin terjebak di sepatbor. Setelah itu, dipasangkan juga side skirt, penggunaan per ulir Bilstein dan sokbreker Ohlins untuk memaksimalkan handling-nya..

Baca Juga : Mazda3 Diganjar Bintang 5 Oleh Euro NCAP

Lalu peleknya menggunakan ukuran 18 inci garapan Rays TE37, berbalut ban Michelin Pilot yang memberikan daya cengkram maksimal ke lintasan. Ditambah sistem pengereman depan Big Brake Kit Brembo.

Bagian buritan kental dengan aura sport, pemasangan spoiler berukuran besar untuk menambah efek downforce mobil ke jalan. Lalu diffuser bawah dibuat senada depan dan samping. Uniknya sistem pembuangan juga sepertinya dilakukan ubahan, karena muffler kini beralih posisi ke tengah.

Baca Juga : Test Drive Mazda 3 Sedan - Paket Lengkap Dalam Sebuah Mobil Kompak

Demi mewujudkan mobil balap ini, Mazda tidak sendirian tapi dibantu tim dari Long Road Racing untuk mengembangkan hingga rampung. Hasilnya, kerja sama tersebut membuahkan Mazda3 dengan mesin 4 silinder SkyActiv Turbo berkapasitas 2.000 cc, mesin ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 350 dk dan torsi 490 Nm, bertransmisi squential SADEV 6 percepatan, dan mampu digeber hingga 241 kpj.

“TCR menghadirkan peluang hebat bagi kami untuk memamerkan Mazda3 baru dan memberikan pelanggan kami opsi lain untuk balapan dengan mobil Mazda,” tutur Masahiro Moro selaku Chairman & CEO Mazda North American Operations.

Mobil ini akan mulai debut pada Rolex 24 di Daytona, pada 26 Januari 2020 mendatang, siap bersaing dengan mobil sekelas VW Golf, Honda Civic dan sebagainya.