Mazda Perkenalkan CX-30

Mazda Perkenalkan CX-30

KabarOto.com - Baru beberapa hari lalu Mazda merilis sebuah Mazda3 untuk pasar Indonesia, namun pabrikan asal Jepang tersebut sepertinya masih ingin melakukan eksplorasi lebih pada line-up SUV.

Oleh karena itu beberapa waktu lalu Mazda turut merilis beberapa gambaran SUV teranyarnya yang dinamakan CX-30. Nantinya CX-30 akan mengisi ruang kosong antara CX-3 dan CX-5. Dimensinya sendiri terpaut sangat sedikit dengan CX-5, yakni dengan total keseluruhan 4.395 mm, 1.795 mm, dan 1.540 mm. Sementara untuk CX-5 memiliki dimensi 4.550 mm, 1.842 mm, dan 1.680 mm.

Desain CX-30 sudah mengusung bahasa KODO desain seperti line-up Mazda lain seangkatan, yang tentunya membuat tampilannya terlihat mirip-mirip dengan saudaranya, sehingga mungkin agak sedikit terkecoh ketika melihatnya dari sisi depan. Dari desain depannya kita dapat perpaduan antara CX-5 dan CX-3, melihat bagian grill menyerupai model CX-5 memiliki ukuran cukup besar, dengan finishing dasar hitam, lalu dipermanis garnis krom. Namun untuk bagian lampunya desain sepertinya mengambil model dari CX-3, dan sudah mengsung LED Projector.

Baca Juga : Keren Abis! Simak Nih 5 Mobil Termahal Yang Ada Di GIIAS 2019

Uniknya kita juga akan mendapat model crossover dengan overfender cukup besar pada sekeliling body, berbeda dengan konsep CX-3 dan CX-5. Dan dari bagian samping lekukan ala CX-5 juga masih kental terlihat, namun memiliki bagian pilar C lebih kecil. Peleknya, CX-30 tampil sporty dengan finishing abu-abu tua untuk varian standar, dan dual tone model palang 5 untuk varian tertinggi, yang memiliki ukuran 18 inci. Berbalut ban dari Bridgestone Turanza dengan ukuran 215/55 R18.

Bagian belakang CX-30 memiliki desain modern dan sporti. Seperti pemakaian lampu rem LED model tajam dan sein pada bagian tengahnya, lalu terdapat spoiler kecil, dan juga bumper belakang dengan overfender dibuat menyambung serta pembuangan knalpot model ganda.

Baca Juga : EMI Rilis Harga All New Mazda3 Dengan Banderol Mulai Rp489,8 Juta

Sektor jantung pacu, nantinya CX-30 akan disokong mesin 2 pilihan mesin, yakni Skyactiv-D 4 silinder turbodiesel berkapasitas 1.800 cc. Mesin tersebut sanggup menyemburkan tenaga maksimum 114 dk pada 4.000 rpm, dan torsi maksimal mencapai 270 Nm pada 1.600-2.600 rpm. Komsumsi bahan bakarnya mencatat 4,1L per 100 km.

Mesin Skyactiv-G 4 silinder naturally aspirated berkapasitas 2.000 cc, dengan tenaga 120 dk pada 6.000 rpm dan torsi 213 Nm pada 4.000 rpm. Dan disematkan juga Mazda M Hybrid 24-volt mild-hybrid system, hingga dapat mereduksi konsumsi BBM hingga 5,3L per 100 km.

Bagian kabin memiliki tampilan layaknya mobil khas Eropa. Tidak terlalu banyak lekukan, tapi terlihat sangat mewah, apa lagi pemilihan warna hitam dengan bahan kulit mendominasi bagian di dalam kabin.

Terdapat juga varian dengan jok berwarna putih yang tidak kalah keren. Desain dashboard sederhana justru membuat suasana kabin tidak terlihat norak, apalagi ditambah fitur layar 8,8 inci bagian tengah mirip kepunyaan BMW yang juga bisa diatur dari sisi konsol tengah seperti sistem I-drive.

Terdapat juga fitur mode berkendaran, eletric parking brake, AC digital, audio steering switch, digital MID, speaker Bose dan sebagainya. Tetapi memang belum ada sunroof seperti CX-5.

Fitur keselsamatan juga komplet seperti high beam control, blind spot monitoring, rear cross traffic alert, lane departure warning, lane keep assist, traffic sign recognition, intelligent speed assistance, driver attention alert, dan adaptive cruise control, sudah jadi standar CX-30.

Menarik nih kita tunggu Sobat KabarOto, tetapi harus sabar yah karena masih cukup lama untuk tunggu mobil ini resmi dijual, kemungkinan CX-30 akan mulai dirilis pasa 2020 mendatang.