POPULAR STORIES

MD Electric Jadi Truk Listrik Menengah Masa Depan

MD Electric jadi Truk Listrik Menengah Masa Depan Foto: Mack Truck

KabarOto.com - Mack Trucks yang merupakan bagian dari Volvo Group, telah mengumumkan opsi mobil listrik keduanya, setelah peluncuran model LR pada 2016 dan ketersediaan berikutnya pada 2021. Truk medium versi elektrik ini diharapan jadi opsi kendaraan pekerja masa depan.

Diperkenalkan pada National Truck Equipment Association's 2023 Work Truck Show di Indianapolis, Amerika Serikat, truk listrik ini menggendong motor listrik tiga fase Mack MD Electric yang sanggup mengeluarkan tenaga puncak 260 dk(194 kW) hingga torsi 1.850 lb.ft (2.508 Nm).

Baca juga: Truk Listrik Terraline Tangra LH1, Bisa Tempuh 805 Km

Truk listrik tugas menengah dibekali paket baterai lithium-ion 150-kWh atau 240-kWh Nickel-Manganese-Cobalt-Oxide, dengan jangkauan per pengisian hingga 140 mil (225 km) untuk konfigurasi 2 baterai, dan 230 mil (370 km) dengan tiga baterai terpasang. Ada dukungan untuk pengisian daya AC 19,2 kW dan pengisian cepat DC 80 kW, dan pengereman regeneratif juga disiapkan untuk memulihkan energi selama beberapa kali berhenti pada hari kerja yang diharapkan.

5 opsi jarak sumbu roda yang berbeda tersedia untuk memenuhi berbagai kebutuhan kering/pendingin, pancang/flatbed, atau pembuangan, dengan Mack mengatakan bahwa pengemudi MD6 tidak memerlukan surat izin khusus untuk mengangkut muatan yang tidak berbahaya.

MD Electric tersedia dalam konfigurasi Kelas 6 atau Kelas 7, di Amerika Serikat keduanya dibebaskan dari Pajak Cukai Federal 12%, dan dilaporkan mampu mengangkut muatan maksimum 19.400 lb (8.800 kg).

Tampilan luar tidak terlalu menonjol, dengan bumper depan bahan baja yang tahan lama untuk bertahan dari pekerjaan terberat, sementara lampu depansudah mengadopsi teknologi LED untuk menerangi jalan di depan.

Baca juga: Zoox Autonomous E-shuttle Mulai Beroperasi Di Jalan Umum California

Suspensi udara ganda pada bagian kabin membantu mengurangi benturan bagi pengemudi, yang disuguhi kursi ergonomis juga dengan suspensi udara dengan bantalan busa berdensitas tinggi, dan kebisingan eksternal diminimalkan berkat insulasi yang dipasang di sekitar kabin.

"Mack MD Electric bergabung dengan jajaran lengkap kendaraan Kelas 6 hingga 8 yang ditawarkan Mack untuk membantu pelanggan memenuhi kebutuhan aplikasi mereka," kata presiden Mack Trucks Amerika Utara, Jonathan Randall.

Ia juga menambahkan, dengan membangun kesuksesan Mack MD Series bertenaga diesel, Mack MD Electric akan membantu pelanggan mereka memenuhi tujuan keberlanjutan tanpa mengorbankan daya tahan, keandalan, dan total biaya kepemilikan yang menjadi ciri khas Mack.