POPULAR STORIES

Zoox Autonomous E-shuttle Mulai Beroperasi Di Jalan Umum California

Zoox Autonomous e-shuttle Mulai Beroperasi di Jalan Umum California Foto: Zoox

KabarOto.com - Pengembang robotaxi milik Amazon Zoox, pada 13 Februari kemarin mengumumkan telah menyelesaikan tonggak penting: menyebarkan robotaxi yang dibuat khusus pertama di dunia di jalan umum terbuka dengan penumpang.

Zoox Autonomous e-shuttle mampu membawa hingga 4 penumpang, pada 11 Februari, kendaraan self-driving sepenuhnya sedang bekerja bolak-balik karyawan sekaligus pada rute umum antara dua gedung kantor utama Zoox di sekitar Foster City, California, Amerika Serikat.

Baca juga: Mobil Otonom Holon Tampil Perdana Di CES 2023

Untuk mencapai tonggak sejarah ini, Zoox menyelesaikan pengujian ketat di jalan pribadi dan mendapat persetujuan dari Departemen Kendaraan Bermotor California (DMV) untuk mengoperasikan robotaxi di jalan umum negara bagian.

Sampai saat ini, Zoox adalah satu-satunya robotaxi yang dibuat khusus yang diizinkan di jalan umum California yang disertifikasi sendiri oleh Federal Motor Vehicle Safety Standards (FMVSS). Desain ground-up Zoox, yang tidak menyertakan kontrol berkendara tradisional seperti setir atau pedal, memasukkan persyaratan kinerja FMVSS langsung ke dalam kendaraannya dan menambahkan lebih dari 100 inovasi keselamatan yang tidak tersedia di mobil penumpang saat ini.

“Menjadi perusahaan pertama yang mengoperasikan robotaxi yang dibuat khusus dengan penumpang di jalan umum terbuka di California adalah tonggak penting tidak hanya dalam perjalanan Zoox, tetapi juga untuk industri kendaraan otonom pada umumnya,” ujar Aicha Evans, Chief Executive Officer di Zoox.

Ia juga menjelaskan bahwa dengan pengumuman peluncuran perdana antar-jemput karyawan, ini akan menambah kemajuan yang telah dilihat industri ini selama setahun terakhir dan membawa Zoox selangkah lebih dekat ke layanan robotaxi yang dibuat khusus untuk masyarakat umum.

Zoox melaju hingga 56 kpj, dan mampu melakukan belokan kiri dan kanan, belokan dua arah, lampu lalu lintas, pengendara sepeda, mendeteksi pejalan kaki dan kendaraan lain jalan lainnya di rute ini.

Baca juga: Nvidia Siap Menjadi Otak Dari Mobil Otonom

Prototipe pertama dibangun dan diuji pada tahun 2015, mengemudi dua arah dicapai pada tahun berikutnya dan persetujuan diberikan pada tahun 2018 untuk Zoox untuk mengangkut penumpang dengan pengemudi keselamatan di California. Izin untuk mengangkut orang tanpa pengemudi keselamatan diikuti pada tahun 2020, dan kendaraan itu melaju di jalan pribadi sebelum diberikan izin untuk beroperasi di jalan umum oleh Departemen Kendaraan Bermotor California.

Robotaxi memiliki panjang 3.630 mm dan tingginya 1.936 mm. Ini menggunakan kemudi empat roda untuk putaran putar 8,5 m, suspensi aktif untuk pengendaraan yang mulus, dan menggunakan kombinasi kamera penglihatan, radar dan LiDAR untuk memasukkan data di sekitarnya ke sistem komputer onboard untuk diproses.

Akses penumpang melalui pintu geser dan duduk dengan nyaman di bangku berhadap-hadapan, dengan sabuk pengaman, sebelum berangkat. Kendaraan Zoox diperkirakan mampu mencapai kecepatan hingga 120 kpj dan dapat melaju hingga 16 jam per pengisian daya.