POPULAR STORIES

Mobil Otonom Holon Tampil Perdana Di CES 2023

Mobil Otonom Holon Tampil Perdana di CES 2023 Sumber & Foto: Benteler

KabarOto.com - Rumah desain Italia Pininfarina identik dengan supercar seperti Ferrari. Namun sekarang, perusahaan tersebut telah bekerja sama dengan perusahaan mobilitas Austria Benteler untuk memproduksi mobil listrik otonom. Mobil dengan bentuk nyaris kotak tersebut, tampil perdana di CES 2023 Las Vegas, Amerika Serikat.

Kendaraan ini menggabungkan sistem Mobileye Drive yang ada, yang menggabungkan beberapa kamera onboard, LiDAR, dan modul radar untuk menghadirkan Otonomi Level 4. Ini berarti Holon mampu melakukan semua tugas mengemudi dalam kondisi tertentu, namun masih dapat dikesampingkan oleh operator manusia bila diperlukan.

Baca juga: Honda Siapkan Mobil Listrik Otonom, Dilengkapi Playstation 5

Bentuknya nyaris kotak, namun bisa menampung hingga 15 penumpang

Minibus otonom ini dapat menampung hingga 15 penumpang sekaligus, dengan tempat duduk "diimbangi secara halus" yang dimaksudkan untuk memberikan sedikit lebih banyak privasi daripada pengaturan tradisional berdampingan.

Penumpang naik dan turun melalui pintu sayap ganda elektrik yang diaktifkan oleh sensor. Ramp turunkan secara otomatis di setiap perhentian, memudahkan pengguna kursi roda. Mekanisme terintegrasi secara otomatis mengamankan kursi orang-orang itu saat minibus ini sedang bergerak, menjaganya agar tidak menggelinding.

Penunggang tunanetra juga dilayani melalui tampilan Braille dan sistem audiovisual yang menampilkan dan secara lisan mengumumkan perhentian yang akan datang.

Holon memiliki kecepatan tertinggi 60 kpj, mampu menempuh jarak sekitar 290 km dengan kondisi baterai penuh. Pembaruan firmware dan perangkat lunak over-the-air memungkinkannya untuk ditingkatkan secara teratur tanpa harus dihentikan sementara dari layanan.

Baca juga: Nvidia Siap Menjadi Otak Dari Mobil Otonom

Rencananya kendaraan ini akan digunakan dalam layanan transit sesuai permintaan dan terjadwal secara teratur, bersama dengan kemungkinan melakukan pengiriman kargo jarak jauh. Ini awalnya akan menjadi subjek proyek percontohan di Jerman dan Amerika Serikay, di mana akan diuji coba oleh perusahaan angkutan massal Hochbahn dan penyedia mobilitas Beep.

"Angkutan umum otonom berperan penting untuk mengurangi kemacetan dan emisi, menyediakan transportasi jarak jauh pertama dan terakhir, dan memperluas ekuitas mobilitas,” kata Joe Moye, CEO Beep.

Produksi komersial minibus ini diharapkan akan dimulai di Amerika Serikat mulai tahun 2025. Dengan kapasitas produksi tambahan akan dibangun di Eropa dan Timur Tengah/Asia pada tahun-tahun berikutnya.