POPULAR STORIES

Melihat Lebih Dekat Aprilia Tuono 660 Yang Dibanderol Rp630 Juta

Melihat Lebih Dekat Aprilia Tuono 660 yang Dibanderol Rp630 Juta

KabarOto.com - Motor Gede (Moge) saat ini banyak diburu oleh pencinta petualang. Mereka gunakan untuk touring bersama teman-teman komunitas. Bahkan, Moge sport digunakan untuk menyalurkan hobi balap di sirkuit.

Melihat pasar yang cukup baik, PT Piaggio Indonesia juga turut membawa moge asal Italia yaitu Aprilia. Yang terbaru, Piaggio Indonesia memperkenalkan Aprilia Tuono 660, naked bike yang punya spesifikasi lengkap tak kalah dari kompetitornya.

Baca Juga: Jelang MotoGP Aragon 2021: Maverick Vinales Berharap Bisa Tampil Terbaik Bersama Aprilia

Aprilia RS 660 tampilan sporty dengan lampu LED

Aprilia RS 660 yang boleh dibilang kembaran, bentuknya sporty, dan diperuntukan bagi mereka yang memiliki jiwa balap. Sementara itu, Tuono 660 naked bike yang lebih memberikan kesan rileks dan santai bagi penggunanya. Cocok untuk digunakan harian dan touring.

Aprilia Tuono 660, dibekali dengan mesin 650 cc 2 silinder segaris berpendingin radiator dan oil cooler, DOHC 4 klep per silinder, didukubg dengan 6 percepatan.Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga hingga 95 dk pada 10.500 rpm dan torsi 67 Nm pada 8.500 rpm.

Pengereman depan menggunakan cakram 320 mm ganda, kaliper Brembo 4 piston radial

Motor ini beratnya 183 kg. Disematkan suspensi depan upside down merek Kayaba, berdiameter as 41 mm. Untuk belakang monosok yang menempel pada asymmetric aluminium swing arm.

Sistem pengereman depan menggunakan cakram 320 mm ganda, kaliper Brembo 4 piston radial. Untuk rem belakang, cakramnya berukuran 320 mm, dengan kaliper 2 piston Brembo. Sama dengan motor modern lainnya, Aprilia Tuono 660 ini juga sudah dilengkapi dengan Anti-lock Braking System (ABS) sehingga pengereman maksimal.

Mesin menggunakan alumunium berkualitas, sehingga lebih ringan

Saat KabarOto.com melihat dari dekat, di bagian mesinnya banyak menggunakan material aluminium. Bahan ini membuat motor jadi lebih ringan, namun memberikan performa yang maksimal.

Aprilia juga menempelkan kontrol traksi, quickshifter, engine braking system, wheelie control, dan cruise control pada kuda besi ini. Ada 5 mode berkendara juga untuk menyesuaikan kebutuhan pengemudinya, tiga untuk digunakan di jalan raya dan dua untuk di sirkuit.

Baca Juga: Spesifikasi Aprilia RS 660 Yang Dibanderol Rp650 Juta

Panel meternya TFT 5-inci full color yang dapat terhubung ke Smartphone

Sementara itu, panel meternya TFT 5-inci full color, dapat terhubung dengan smartphone untuk keperluan navigasi. Aprilia Tuono 660 ditawarkan dengan dua pilihan warna, Concept Black dan Iridium Grey dan dibanderol dengan harga Rp630 juta (OTR Jakarta).


Spesifikasi Aprilia Tuono 660:
Mesin: Aprilia forward-facing parallel twin, four stroke, liquid-cooled with radiator and water-oil heat exchanger, DOHC with silent chain on the right side, four valves per cylinder
Kapasitas mesin: 659 cc
Tenaga maksimal: 95 dk @10.500 rpm
Torsi maksimal: 67 Nm @8.500 rpm
Rangka: Aluminium dual beam chassis with removable seat-supporting subframe
Throttle body: Two 48 mm throttle bodies, Ride-by-wire management
Transmisi: 6 percepatan
Suspensi depan: Kayaba 41 mm upside down fork with top out spring, Aluminium pins to fasten radial callipers. Adjustable extension and spring pre-load 110 mm wheel travel
Suspensi belakang: Asymmetrical aluminium swingarm. Single shock and top out spring with adjustable extension and spring pre-load
Rem depan: 320 mm diameter double disc. Brembo radial callipers with 4 horizontally opposed 32 mm pistons. Radial pump master cylinder and metal braided brake hose
Rem belakang: 220 mm diameter disc: Brembo radial callipers with two 34 mm separate pistons.
Roda depan: 3.5”X17” rims in aluminium alloy - Tubeless radial tyre, 120/70 ZR 17
Roda belakang: 5.5”X17” rims in aluminium alloy - Tubeless radial tyre, 180/55 ZR 17
Tinggi jok: 820 mm
Kapasitas tangki bensin: 15 L (1 L cadangan)
Berat kosong: 183 kg
Perangkat elektronik: APRC suite includes ATC (traction control), AWC (wheelie control), AEB (engine brake) AEM (engine mapping), ACC (cruise control), 5 Riding modes (Road and Track, 3 pre-set and 2 customisable)