Melihat Spesifikasi Cadillac CT5 2020, Sedan Mewah Nan Canggih

Melihat Spesifikasi Cadillac CT5 2020, Sedan Mewah nan Canggih Foto: Cadilac

KabarOto.com – Cadillac sebagai produsen mobil mewah asal Amerika Serikat, kembali merilis model baru sedan CT5, menggantikan CTS dan ATS. Mobil yang diperkenalkan sejak April 2019 lalu pada ajang New York International Auto Show 2019, hadir dengan sistem bantuan pengemudi yang canggih.

Sedan CT5 hadir dalam 3 pilihan trim yaitu Luxury, Premium Luxury dan Sport, sedan mewah besar ini direncanakan akan dijual secara massal mulai tahun 2020 mendatang.

Dilihat dari eksteriornya, desain mobil dibuat dengan model atap fastback, yang terinspirasi dari konsep Cadillac Escala 2016, desain konsep tersebut terlihat di bagian gril lebar besar di bagian depan yang diapit oleh lampu LED vertikal. Tampilan keren didukung penggunaan bumper dan diffuser depan berwarna hitam.

Baca juga: Cadillac 1962 Mobil Di Film Green Book Yang Menang Oscar 2019

Bergeser ke bagian samping, tampilan mewah terlihat berkat trim krom di sekitar jendela, door handle krom dan pelek berukuran 19 inci dibalut ban run-flat. Atau ada opsi ban Michelin self-healing dengan pelek berukuran 18 inci. Penggunaan ban run-flat atau self healing sangat berguna untuk mengurangi dampak dari kebocoran ban saat berkendara.

Berlanjut ke belakang, terdapat lampu LED dengan bentuk L terbalik, aksen krom pada knalpot dan diffuser belakang berwarna gelap membuatnya terlihat sporty.

Masuk ke interior, kabin CT5 terlihat lebih mewah berkat trim kayu pada dasbor, lapisan kulit pada bagian kursi, trim pintu dan konsol tengah dipadukan jahitan kontras. Kabin semakin tenang dan senyap didukung peredam pasif dari ZF.

Baca juga: Test Drive KIA Grand Sedona, Cita Rasa MPV Premium Asal Korea

Masih di kabin, CT5 hadir dengan kursi baris depan dengan fitur pemanas dan pendingin. Menariknya, kursi memiliki fitur pijat elektrik dan pengaturan lumbar support, untuk memastikan posisi berkendara yang semakin nyaman dan rileks. Duduk di jok belakang pun, semakin nyaman berkat AC double blower, meskipun belum dual zone dan sunroof.

Duduk di bangku pengemudi, CT5 hadir dengan fitur pemanas pada setir, electric seat dengan pengaturan 18 arah dan layar TFT standar berukuran 4,2 inci atau 8 inci. Fitur ini memastikan posisi duduk yang ideal, berkendara yang nyaman serta visibilitas ke depan yang lebih baik.

Lihat ke dasbor, terdapat sistem infotainment berukuran 10 inci, dengan sistem navigasi real-time dan konektivitas telepon melalui teknologi NFC. Ponsel juga tidak akan kehabisan daya selama perjalanan, berkat adanya fitur wireless charging, power outlet 12V dan port USB untuk mengisi daya ponsel baik di bangku baris depan maupun belakang.

Sebagai sedan mewah besar, perlu mesin yang mumpuni, Cadilac membekali CT5 dengan 2 pilihan mesin. Pertama adalah mesin 4 silinder turbo berkapasitas 2.000 cc, mesin ini sanggup menghasilkan tenaga 237 dk dan torsi 350 Nm.

Mesin tersebut terhubung ke transmisi otomatis 10 percepatan dan mampu membawa mobil berakselerasi dari kecepatan 0 ke 100 kpj dalam waktu 6,5 detik. Kecepatan tertinggi yang bisa diraih mesin 4 silinder ini mencapai 233 kpj.

Mau yang lebih bertenaga? Ada pilihan mesin V6 turbo berkapasitas 3.000 cc, yang mampu menghasilkan tenaga 335 dk dan torsi 542 Nm. Tenaga mesin itu ditransfer melalui transmisi otomatis 10 percepatan dan sanggup berakselerasi dari kecepatan 0 ke 100 kpj dalam waktu 5,5 detik, dengan kecepatan tertinggi yang bisa diraih mencapai 249 kpj.

Baca juga: Test Drive Mitsubishi Xpander Sport A/T

Sebagai sedan mewah yang bertenaga, tentu perlu sistem suspensi dan pengereman yang mumpuni. Agar pengendalian semakin mudah, andal dan nyaman, terdapat suspensi MacPherson double-pivot, ditambah peredam agar kabin lebih senyap, serta sistem kemudi power rack-mount dari Bosch. Sistem rem mobil ini mengandalkan sistem rem eBoost dan Brembo di bagian.

Seperti halnya kendaraan mewah modern, CT5 dilengkapi berbagai teknologi bantuan pengemudi yang canggih, yaitu Fitur Super Cruise memungkinkan mobil dapat mengemudi sendiri di jalan bebas hambatan. Sayangnya fitur ini hanya tersedia di Amerika Serikat dan Kanada.

Fitur Super Cruise memungkinkan mobil dapat mengemudi sendiri di lebih dari 209 km di jalan bebas hambatan wilayah Amerika Serikat dan Kanada. Fitur ini mengandalkan data peta LIDAR, GPS, sensor kamera dan radar.

Namun Cadilac tetap menyertakan teknologi bantuan pengemudi canggih untuk pasar global seperti Traction & Stability Control, kamera belakang beresolusi tinggi, Forward Collision Alert, Front Pedestrian Braking, Automatic Emergency Braking, Safety Alert Seat dan Reflective LED windshield collision alert.

Khusus trim Premium Luxury dan Sport, hadir dengan sistem bantuan pengemudi yang lebih lengkap, di antaranya Lane Change Alert dengan Alert Side Blind Zone Alert, Rear Cross Traffic Alert, Rear Park Assist dan auto-dimming mirrors. Produksi CT5 sendiri akan ditangani langsung oleh General Motors di pusat produksi Lansing Grand River Assembly, Amerika Serikat.

Di tempat tersebut pula merupakan tempat model sedan Cadillac ATS dan CTS diproduksi. Berbicara soal harga, sedan mewah CT5 memiliki harga lebih mahal dari CTS, CT5 dibanderol mulai daru US$ 46.495 atau sekitar Rp 661 jutaan. (Nora Dian Pratama)