Meluncur Tahun Depan, Ini Pilihan Motor Listrik Untuk Toyota BZ4X

Meluncur Tahun Depan, Ini Pilihan Motor Listrik Untuk Toyota bZ4X

KabarOto.com – Dalam rangka menuju era kendaraan elektrifikasi, Toyota dikabarkan akan meluncurkan SUV listrik pertamanya yang merupakan kembaran dari Subaru Solterra.

Produk tersebut bernama Toyota bZ4X yang dilaporkan akan menggunakan dua opsi sistem penggerak, yakni FWD dan AWD. Dan dijadwalkan meluncur pada tahun depan.

Bukan hanya itu, SUV listrik ini akan dibekali pilihan dua motor listrik. Pilihan pertama adalah motor listrik tunggal yang terpasang di as depan dan memiliki tenaga 201 dk dan torsi 265 Nm. Akselerasi 0-100 kpj membutuhkan waktu 8,4 detik, dengan kecepatan maksimal 160 kpj.

Baca juga : Peran Toyota Kurangi Emisi Di Dunia Otomotif

Pilihan kedua adalah versi dua motor listrik dengan sistem penggerak AWD, dan mampu menghasilkan tenaga 215 dk dan torsi 336 Nm. Toyota mengklaim, versi ini dapat berakselerasi 0-100 kpj dalam waktu 7,7 detik. Namun, tenaga maksimalnya sama dengan versi yang pertama.

Kedua pilihan motor listrik tersebut, menggunakan baterai berkapasitas 71,4 kWh berpendingin air yang pertama kali digunakan oleh mobil Toyota. Dengan kapasitas tersebut, Toyota bZ4X diklaim mampu menjelajah hingga 450 kmdalam siklus WLTP (Worldwide Harmonised Light Vehicles Test).

Baca Juga : Ini Kebaruan Toyota Camry Hybrid Generasi Ke-4 Yang Baru Diluncurkan

Menariknya, pabrikan mobil asal Jepang ini menyebut bahwa baterai mobil listriknya ini tidak akan kebilangan lebih dari 10% kinerjanya selama 10 tahun atau setara dengan jarak tempuh 240.000 km.

Toyota bZ4x akan menjadi produksi pertama Toyota yang dilengkapi dengan sistem steer-by-wire sebagai pilihan fitur yang tersedia. Pabrikan menjanjikan bahwa teknologi ini mampu memberikan rasa berkendara yang lebih baik serta mengurangi getaran pada setir.

Kabarnya, mobil listrik ini akan dipasarkan di Jepang, Amerika, Eropa, dan Tiongkok mulai pertengahan tahun 2022.