POPULAR STORIES

Mendag Harap Hyundai Jadi Penggerak Ekspor Mobil Listrik Indonesia

Mendag Harap Hyundai Jadi Penggerak Ekspor Mobil Listrik Indonesia Hyundai Ioniq 5 yang dipasarkan di Indonesia (Foto: Kabaroto)

KabarOto.com - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melakukan kunjungan ke PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI), di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (11/7). Dalam kesempatan itu, Zulkifli Hasan berharap investasi PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) dapat menjadi motor penggerak ekspor mobil listrik Indonesia ke dunia.

Baca Juga : First Impression Hyundai Palisade Signature AWD

“Total perdagangan Indonesia dan Korea Selatan masih di bawah perdagangan Korea Selatan dan Vietnam. Untuk itu, kami akan bekerja keras agar volume perdagangan kedua negara bisa melebihi Korea Selatan-Vietnam,” ujar Zulkifli Hasan dalam keterangannya.

Turut hadir dalam pertemuan itu, Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Lee Sang Deok; Presiden Hyundai ASEAN Headquarter, Youngtack Lee; serta Presiden Hyundai Motor Manufacturing Indonesia, Lee Bong Kyu.

Kunjungan ini juga sekaligus menandai 50 tahun peringatan hubungan bilateral antara Indonesia dengan Korea Selatan pada 2023.

Hyundai Ioniq 5 dibekali baterai 72,6 kWh

Menurut Zulkifli Hasan, peningkatan total perdagangan Indonesia dan Korea Selatan, salah satunya dapat dilakukan melalui investasi Korea Selatan di Indonesia, seperti yang dilakukan PT HMMI.

PT HMMI yang merupakan perusahaan penanaman modal asing hasil kerja sama antara Pemerintah Indonesia dengan Hyundai Motor Company (HMC) di Ulsan, Korea Selatan. Hyundai Motor Company di ASEAN bekerja sama dengan Pemerintah Republik Korea Selatan menandatangani MoU investasi dengan Pemerintah Indonesia pada November 2019 dan memulai pembangunan pabrik pada Desember 2019.

Baca Juga: Lampu Mobil Hyundai Semakin Canggih Bisa Bantu Pejalan Kaki

Pabrik ini selesai dengan lancar pada Desember 2021 dengan dukungan penuh dari kedua pemerintah meskipun dalam kondisi krisis pandemi Covid-19.